Pembelajaran Daring Menggunakan Problem Based untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong
(1) SMPIT Nurul ’Ilmi Tenggarong
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 1 Bulukumba
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v3i2.72522
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulloh, R. S. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunillah Insani, Ramlawati, Sitti Rahma Yunus (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kab. Gowa (Studi Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpadu
Aylina, V., Nudek, F. N. P., & Matondang, I. V. (2021). Hubungan Penggunaan Zoom Untuk Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 340-346.
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Fauziah, F. (2021). Implementasi pembelajaran kolaboratif menggunakan breakout room zoom meeting pada pembelajaran jarak jauh. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3), 226-232.
Gunawan, Y. I. P., & Amaludin, A. (2021). Pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi covid-19. Madaniyah, 11(2), 133-150.
Habibi, I. (2020). Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis daring (whatsapp group, google classroom dan zoom meeting) di SMP MBS Al Amin Bojonegoro. Cendekia, 12(2), 161-178.
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445 Diakses Pada Tanggal 9 November 2021 Jam 19.00
Madjid, Arqam. 2019. Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2).
Maziyatul Khusna , Sudaryanto , Dede Dian (2021) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Banjaran.
http://eprints.uad.ac.id/21477/1/20.%20Maziyatul%20Khusna%20%281313-1323%29.pdf
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 286-291).
Prawiro, D., Syafrial, S., & Yarmani, Y. (2021). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran PENJASORKES Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepahiang. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14779
Rahyu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas penggunaan model problem based learning (PBL) dan inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147-152.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru Edisi Kedua. Jakarta; PT Raja grafindo Persada.
Saltz, J., & Heckman, R. (2020). Using structured pair activities in a distributed online breakout room. Online Learning, 24(1), 227-244.
Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148-158. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259
Sadia, I, W. (2007). Pengembangan kemampuan berpikir formal siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran “Problem Based Learning” dan “Cycle Learning” dalam pembelajaran fisika. Vol. 1, No. 1
Sohrabi, C., Alsafi, Z., Neill, N. O., Khan, M., & Kerwan, A. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company’s public news and information. January. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7105032/
Surya, Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7
Yuniarti, S., & Sari, T. H. N. I. (2021). Pemanfaatan Fitur Breakout Room Zoom Untuk Mendukung Model Pembelajaran Kooperatif Di Masa Pandemi Covid-19. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 66-73.
Article Metrics
Abstract view : 4 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nurkholis Nurkholis, Sitti Rahma Yunus, Dewi Wahyuni
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.