Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Sistem Gerak melalui Model PBL pada Kelas VIII
(1) SMPN SATAP 4 Hanau
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 2 Takalar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v3i2.72517
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 1 Delanggu. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol 15 No.1.
Arends, R. I. (2011). Learning to Teach, (ter-jemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ahmadi, Lif Khoiru dan Amri Sofan dan Elisah, Tatik 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka
Arifin, M. (2017). Penerapan metode Role Playing dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Tan-jung Tiram Kabupaten Batu Bara. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 3(2).
Arikunto, Suharsimi dan Suhardjono. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Ariwitari, N. M. R., Putra, M., & Kristiantari, M. R. (2014). Pengaruh metode pembelajaran role playing berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar pkn kelas V SD gugus 1 Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). www.academia.edu/download/50374703/37- 2247-1-SM.pdf
Bahtiar, R. S., & Fahmi, I. N. (2019). Role Playing dalam Peningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Dharmawan, D. W., Suarjana, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2014). Pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas V. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Fahradina, dkk.2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Syiah Kuala: Jurnal Universitas Syiah Kuala.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Hamzah B. Uno. (2011). Model pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2014). Cooperative Learning in 21st Century. Anales de Psicología, 30(3), 841-851.
Masita, M. (2019). Penerapan Media Power Point pada Materi Sejarah Nabi Muhammad saw dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMP Muhammadiyah Pangkajene Kabupaten Sidrap (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Mudana, I. G. A. M. G. (2020). Membangkitkan Budaya Literasi Melalui Pendekatan Think Pair Share Berbasis Saintifik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Siswa Berkarakter. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1).
Paudi, Z. I. (2019). Penerapan metode role playing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 111-120.
Santoso, Ras Budi Eko. (2011). Model Pembelajaran Role Playing. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017 dari http://raseko.blogspot.com/2011/05/modelpembelajaranroleplaying.html/
Slavin, R. E. (2016). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson.
Syaiful Bahri Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, H. B. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh model role playing terhadap ke-percayaan diri siswa pada pembelajaran matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelaja-ran, 3(1), 97-102.
Yuntari, Y. (2017). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sejarah Pada Siswa Kelas XI Madarasah Aliyah Sultan Agung Ngawen Blora. JURNAL PEDAGOGY, 10(4), 89-99.
Article Metrics
Abstract view : 4 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Aulia Rahman, Ramlawati Ramlawati, Rusdianto Rusdianto
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.