Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 12 Konawe Selatan melalui Model Pembelajaran PBL
(1) SMP Negeri 12 Konawe Selatan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 6 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v3i1.72306
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiga, U. dan Sachidananda, A., 2015, Problem Based Learning, International Journal of Current Research, Vol 7, No 06, Hal. 17181-17187.
Arikunto, S., dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dahlan, J.A. 2004. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa SLTP Melalui Pendekatan Pembelajaran Open-ended. Bandung: PPS UPI (Disertasi Tidak Dipublikasikan).
Damayanti, R., dan Ria M., 2015, Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B di MTsN Anjir Muara Km. 20, Jurnal Pendidikan Hayati, Vol 1, No 2, Hal. 36-43.
Marsigit. 2013. Berbagai Metode Pembelajaran Yang Cocok untuk Kurikulum 2013. Jakarta.
Nurkholis, E. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer Berhasil Meningkatkan Kemampuan Spatial Sense dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Lebih Baik Daripada Pembelajaran Konvensional.Prosiding Seminar Nasional.ISSN 977-2338831. Volume 1, Tahun 2013.Bandung: STKIP Siliwangi.
Pradnyana. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. e-Journal Program Pascasarjana. Volume 3 Tahun 2013. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wardani, S., Widodo, A.T., dan Priyani, N.E., 2009, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem-Based Instruction, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 3, No 1, Hal. 391-399.
Wasonowati, R., Redjeki, T., dan Ariani, S., 2014, Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Hukum–Hukum Dasar Kimia Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 3, No 3, Hal. 66-75.
Suharta, Luthan, dan Putri, L. A., 2013, Application of Cooperative Problem-Based Learning Model to De-velop Creativity and Foster Democracy, and Improve Student Learning Outcomes in Chemistry in High School, Journal of Education and Practice, Vol 4, No 25, Hal. 55- 60.
Article Metrics
Abstract view : 9 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dewi Retnowati, Alimin Alimin
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.