Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
(1) SMP Negeri 15 Bintan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 15 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v3i1.72302
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Muhtadi. (2019). Modul Pedagogik Pembelajaran Inovatif. Tim Penyedia Modul PPG.
Dewana, A. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(4).
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.
Isniatun Munawaroh. (2019). Modul Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Tim Penyedia Modul PPG.
Jauhar, M. (2011). Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 15 Bintan (Skripsi). Universitas Negeri Makassar.
Liu, Q. S., Salih, J. I., Meng, R., Owens, L., & Hammerschlag, F. (2000, Juli). Response of Transgenic 'Royal Gala' Apple (Malus x Domestica Borkh.) Shoots, Containing the Modified Cecropin MB39 Gene to Erwinia Amylovora [084]. Paper dipresentasikan di 97th Annual International Conference of the American Society for Horticultural Science, Florida.
Nahdi, M., dkk. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bintan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(4).
Pujiriyanto. (2019). Modul Pedagogik PPG Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Tim Penyedia Modul PPG.
Rusman. (2014). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru (Edisi kedua, cetakan ke-5). Rajawali Pers.
Suyadi. (2012). Buku panduan guru profesional: Penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian tindakan sekolah (PTS). ANDI.
Tamher, S. (2006). Hubungan antara Kelulusan Sipenmaru dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Poltekkes Jakarta III. Diakses tanggal 3 November 2011 dari http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/2106924.pdf
Article Metrics
Abstract view : 4 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Doremma Gultom, Jusniar Jusniar, Masniahturofikoh Masniahturofikoh
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.