Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IX SMP Negeri 5 Kotawaringin Lama
(1) SMPN 5 Kotawaringin Lama
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 6 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v1i2.72006
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, F., & Sari, N. I. (2019). Improvement of biology learning results through the application of problem-based instruction approach oriented think pair share learning model. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 1(1), 88-93.
Agustin. (2013). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. EJournal UNNES, 2(1).
Arikunto, S. S. S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arum Pramityasari dan Siti Maisaroh. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013-2014. Jurnal PGSD Indonesia, 1(1).
Barrows. (1996). Problem Based Learning Medicine Beyond. New Direction for Teaching and Learning. Jossey -Bass Publish.
Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: balai pustaka.
Eliyana. (2014). Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling Dan Luas. EJournal UNNES, 3(1).
Hajar, Nisaul Azmi, A.Y. Djoko Darmono, A. C. B. (2015). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x-3 pada mata pelajaran sosiologi sma negeri kebakkramat tahun ajaran 2015-2016. Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 7(2).
J. Oja, K. (2011). Using problem-based learning in the clinical setting to improve nursing students’ critical thinking, An evidence review. Journal of Nursing Education, 50(3).
Leonda, M. A., Desnita, & Budi, A. S. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Usaha dan Energi Di SMA (Sesuai Kurikulum 2013). In Prosiding Seminar Nasional Fisika. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Mathew, N. G. dan A. O. H. A. (2013). A Study on the Usefulness of Audio-Visual Aids in EFL Classroom, Implications for Effective Instruction. International Journal of Higher Education, 1(3).
Mohamad, dkk. (2011). Self-Evaluation In Problem-Based Learning. Universitiy Kebangsaan Malaysia, 3(1), 50–57.
Novitasari, D., Wahyuni, D., & P. J. (2015). Pembelajaran Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dilengkapi Teknik Mind Mapping Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Pakusari Jember Pokok Bahasan Jamur Kelas X. Jurnal Pancaran, 4(2).
Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Parasamya, Cut Eka, A. W. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.
Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2013). Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Prisma Sains, 1(1), 79–87.
Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).
Sadia, I. W. (2008). Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran UNDIKSHA, 1(2).
Sandhi Anna Mai. (2014). Peningkatan Kreativitas Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Gembongan Banjarnegara. yogyakarta: Universitas Negeri Yogjakarta.
Sari, N. I., & Ahmad, F. (2024). Analisis Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Koloid melalui Penerapan Model Problem-Based Learning. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(2), 35-40.
Suprianto. (2009). Laporan Penelitian Tindakan Kelas Penggunaan Metode Eksperimen Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Cangkol 2 Pelupuh Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2009-2010. surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Tan, O. S. (2008). Problem-based learning and creativity. Singapore: Cengage Learning.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Utrifani, A., & Turnip, B. . (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan. Jurnal Inpafi, 2(2), 9–16.
Wardani, I. G. A. K. S. J. (2010). Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: universitas terbuka.
Wulandari, N., Sholihin, H. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP. In Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. bandung.
Article Metrics
Abstract view : 11 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Beny Saputra, Alimin Alimin, Asri Asri
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.