Implementasi Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMPN 2 Menukung
(1) SMPN 2 Menukung
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 3 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v1i2.72000
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliah, R., Amalia, A., Hasyim, A., Sari, N. I., & Ahmad, F. (2024). Perbandingan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe TSTS dan TGT. Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST), 7(1), 66-73.
Arianti, N. S., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 6094-6098.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Artini, N. P. N., Hariani, N. M. M., & Anta, I. M. N. (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SD INPRES SALUMONI. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 14(2), 142-150.
Hartati, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Konsep Tekanan. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(1), 47-55.
Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247-259.
Jannah, R. (2021). Penerapan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Dalam Pembelajaran IPA. IQTISODINA, 4(1), 54-64.
Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1-10.
Marpaung, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 16-22.
Nabila, I. Y. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SD. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 12(5), 941-952.
Nasution, M. L., Yerizon, Y., & Gusmiyanti, R. (2018). Students’ Mathematical Problem- Solving Abilities Through The Application Of Learning Models Problem Based Learning. Iop Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://Doi.Org/10.1088/1757-899x/335/1/012117
Noviana, R., & Darmiasih, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Ekologi Di SMP Negeri 5 Ciamis. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 113-121.
Santosa, E. B. (2024, December). Analysis of the Need for Problem-Based Learning E- Modules to Enhance High Order Thinking Skills (HOTS) Among High School Students. In Proceedings of International Conference on Science and Technology for the Internet of Things (Vol. 1, No. 01, pp. 630-649).
Sari, N. I., & Ahmad, F. (2024). Studi Komparatif: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Number Head Together dalam Pembelajaran IPA pada Peserta didik Sekolah Menegah Pertama. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 850-861.
Sari, N. I., & Ahmad, F. (2024). Analisis Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Koloid melalui Penerapan Model Problem-Based Learning. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(2), 35-40.
Sari, D. N. I., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan higher order thingking skill (HOTS) pada pembelajaran IPA.
Setyowanti, W. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 4 Tandun. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 6(2), 242-247.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi pembelajaran IPA. Bumi Aksara.
Zaharah, Z., & Silitonga, M. (2023). Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMP Negeri 22 Kota Jambi:(Increasing Student Creativity Through Project Based Learning Models at SMP Negeri 22 Kota Jambi). BIODIK, 9(3), 139-150.
Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., Dasna, I. W., Pangestuti, A. A., Puspitasari, D. R., & Sholihah, M. A. (2017). Ilmu pengetahuan alam: buku guru SMP/MTs Kelas VIII.
Zulfikar, A. R. L., Rahayu, S., & Savitri, E. N. (2023, July). Peningkatan Kemampuan Retensi dan Motivasi Siswa Melalui Penerapan Model Guided Context-Pbl Pada Materi Ekologi di Kelas VII H SMP NEGERI 3 Semarang. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Article Metrics
Abstract view : 7 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mursalin Mursalin, Ismail Ismail, Rosdiana Rosdiana
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.