Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia melalui Model Problem Based Learning
(1) SMPN 12 Bintan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 8 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v1i2.71999
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Muhamad, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA.
Arikunto, Suharsimi (2007). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Bafadal, Ibrahim (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Dari Sentralisasi menuju Desentralisasi, Jakarta: Bumi Aksara.
Degeng, I Nyman S. (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori Dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.
Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta; Balai Pustaka.
Muhtadi, A. (2019). Modul Pedagogik Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Tim Penyedia Modul PPG.
Bishop, C. M. (2006) Pattern Recognition and Machine Learning, The Ecstatic and the Archaic: An Analytical Psychological Inquiry. Springer.
Fathurrohman. (2006). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.
Hargraves, V. (2021). Dewey’s Educational Philosophy. Diakses pada Februari 2021 dari https://theeducationhub.org.nz/deweys-educational-philosophy/?form=MG0AV3.
Haryati, Sri. (2017). Belajar dan Pembelajaran berbasis Cooperatif Learning. Magelang: Graha Cendikia.
James, W. P. (2014). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know. Boston : Pearson.
Kamdi. (2007). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mc. Taggart, R dan Kemmis, S. (1990). The Action Research Planner. Melbourne. Deakin University.
Munawaroh, I. (2019). Modul Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Tim Penyedia Modul PPG.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/view/29252.
Pujiriyanto. (2019). Modul Pedagogik PPG Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Tim Penyedia Modul PPG.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru Edisi Kedua. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada.
Sudaryono, M & Rahayu. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyarto. (2014). Pengembangan media mobile learning “chem edu” berbasis android sebagai suplemen materi kimia berdasarkan kurikulum 2013 untuk meningkatkan academic performance siswa sma/ma. Jurnal Inovasi Pendidikan. 2(5). 122-129.
Article Metrics
Abstract view : 6 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nurasyiah Pasaribu, Jusniar Jusniar, Masniaturrofikoh Masniaturrofikoh
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.