Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik
(1) MA Mambaul Ulum Bata-Bata
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMAN 9 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v1i2.71994
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, A., Kaigere, D., Apriyanto, A., Haryanti, T., & Rusli, T. S. (2024). Eksplorasi Sains Melalui Inquiry: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran IPA. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Basir, A. (1988). Evaluasi Pendidikan untuk Sekolah Menengah. Surabaya: Airlangga University Press.
Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Druxes, H. G. Born. (1986). Kompedium Didaktik Fisika. Bandung : Remaja Karya.
Hanafi, A. dan Manan, A. (1988). Prinsip-prinsip Belajar untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.
Hendrawijaya, A.T. (1999). Motivasi dan Aktivitas dalam Belajar (Diktat Kuliah), Jember: FKIP Universitas Jember.
Kulsum, U. (2022). Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor dan Isolator. RFM PRAMEDIA JEMBER.
Naimah, K. (2022). Inovasi Pembelajaran IPA SD dengan Pemanfaatan Media KIT Alat Sederhana yang Berasal dari Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kreativitas Siswa. Formosa Journal of Science and Technology, 1(2), 97-110.
Putri, F. I. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswi Kelas VII C Dan VII D terhadap Mata Pelajaran IPA Fisika. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 10(1), 38-47.
Rostiyana, F. N., Sanusi, A., & Iriantara, Y. (2022). Pengelolaan Laboratorium IPA untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Peserta Didik (Studi Kasus di MTS Negeri 1 Garut dan MTS Cilawu Nurul Amin). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 435-443.
Sanjaya, W. (2011). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis penggunaan e-modul dalam pembelajaran fisika; Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38-42.
Sari, N. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dengan Bantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terpadu pada Siswa Kelas VII SMP Frater Makassar. Jurnal Sainsmat, 2, 167-174.
Sari, N. I., & Ahmad, F. (2024). Analisis Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Koloid melalui Penerapan Model Problem-Based Learning. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(2), 35-40.
Sears dan Zemansky. (1993). Fisika Universitas Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Susanti, A. D., & Munir, M. (2022). Implementasi Metode Eksperimen Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Mi Miftahul Ulum Baturetno Singosari Malang. ISPRIS: Islamic Primary School, 1(2), 103-120.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Wardana, W. O. W., & Ahmad, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Praktikum Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 27-32.
Article Metrics
Abstract view : 8 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Shaufan Habibi, Kaharuddin Arafah, Anis Nur
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.