Peningkatan Keaktifan Belajar Fisika Peserta Didik melalui Penerapan Problem Based Learning
(1) MAU Amanatul Ummuh Surabaya
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 9 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v1i1.71941
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buhungo, T. J., Supartin, S., Arbie, A., Setiawan, D. G. E., Djou, A., & Yunus, M. (2023). Learning Tools Quality of Problem-Based Learning Model in Contextual Teaching and Learning Approach on Elasticity and Hooke’ s Law Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1092-1098.
Dewi, W. S., Siregar, R., Putra, A., & Hidayati, H. (2023). The Effect of Problem-Based Learning Model on Students' Physics Problem Solving Ability: A Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 2103-2109.
Masyithoh, Dewi. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Diponegoro Tulungagung tahun 2007- 2008. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmat, I. (2024). VALIDITY OF PROBLEM-BASED SCIENCE PRACTICAL INSTRUCTIONS. Journal Analytica Islamica, 13(2), 367-376.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Santie, Irma Damay. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas vii SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.
Sari, Nurvita. 2008. Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Malang Semester Gasal Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.
Simanjuntak, M. P., Siregar, L., dan Lumbangaol, Y. T. (2019). Penerapan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Vol 7 No. 4.
Sudjana, Nana. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sujarwanto, Dwi. 2007. Penerapan Pembelajaran Realistik untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Matematika. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.
Sumitro, S. B., & Rohman, F. (2024). The Effectiveness of the Problem-Based Learning Model to Enhance Students' Critical Thinking Skills on Conservation Biology Courses. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 4641-4649.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.
Winkel, S. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta. PT. Gramedia. Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wumu, A., & Buhungo, T. J. (2023). The effectiveness of problem-based learning model assisted by canva-oriented pancasila student profiles to improve scientific literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 5892-5898.
Article Metrics
Abstract view : 7 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yuni Erviyanti, Kaharuddin Arafah, Anis Nur
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.