Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Alat Industri Kimia
(1) SMK Negeri 1 Lumajang Jawa Timur
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMTI Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v1i1.71939
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi., dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Azzahrah, A., Putra, H. D., & Habibullah, H. (2023). Implementation of a problem-based learning model assisted with student worksheets to improve mathematical reasoning skill for students of grade X SMK. Pi Radian: Journal of Mathematics Education, 1(2), 55-64.
Danang Priyasudana, Mochamad Cholik (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Smk Negeri 3 Boyolangu, Tulungagung. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Gusti Ayu Suarsani (2019), Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dengan Materi Pokok Kimia Unsur Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran JP2 Vol 2 No 1, Tahun 2019 p-ISSN : 2614-3909 e-ISSN : 2614-3895
Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid-19. Navigation Physics, 84-89.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi
Rahmat, I. (2024). VALIDITY OF PROBLEM-BASED SCIENCE PRACTICAL INSTRUCTIONS. Journal Analytica Islamica, 13(2), 367-376.
Rahmat, I., Chanunan, S., & Bahri, A. (2019, April). Open Inquiry with Learning Journal Promoting Metacognitive Skills and Retention of Students with Low Academic Achievements. In 1st International Conference on Advanced Multidisciplinary Research (ICAMR 2018) (pp. 277-281). Atlantis Press.
Rahmat, I., Hatta, A. A., Alqadri, Z., & Yani, A. (2024). Pendekatan Problem Based-Learning dalam Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 500-507.
Sani. A., Rizka & Sahyar. (2016). Analisis Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, vol 5. No 2.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, A. ( 2016 ). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Simanjuntak, M. P., Siregar, L., dan Lumbangaol, Y. T. (2019). Penerapan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Vol 7 No. 4.
Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: CV Alfabeta.
Yustika Irfani Lindawati, Anik Rahayu (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities Vol. 2 No. 1. 2021: 1-8
Article Metrics
Abstract view : 8 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Usman Arief, Hasri Hasri, Ruhmah Ruhmah
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.