Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL pada Materi Kalor dan Perpindahannya
(1) SMP 1 Sandai Ketapang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v1i1.71938
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 1 Delanggu. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol 15 No.1.
Arends, R. I. (2011). Learning to Teach, (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azzahrah, A., Putra, H. D., & Habibullah, H. (2023). Implementation of a problem-based learning model assisted with student worksheets to improve mathematical reasoning skill for students of grade X SMK. Pi Radian: Journal of Mathematics Education, 1(2), 55-64.
Azzahrah, A., Putra, H. D., & Habibullah, H. (2023). Implementation of a problem-based learning model assisted with student worksheets to improve mathematical reasoning skill for students of grade X SMK. Pi Radian: Journal of Mathematics Education, 1(2), 55-64.
Danang Priyasudana, Mochamad Cholik (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Smk Negeri 3 Boyolangu, Tulungagung. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Gusti Ayu Suarsani (2019), Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dengan Materi Pokok Kimia Unsur Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran JP2 Vol 2 No 1, Tahun 2019 p-ISSN : 2614-3909 e-ISSN : 2614-3895
Leonda, M.A., Desnita, dan Agus (2015). Pengembangan Modul Berbasis Problem base Learning untuk Materi Usaha dan Energi di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 5.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi
Rahmat, I. (2024). VALIDITY OF PROBLEM-BASED SCIENCE PRACTICAL INSTRUCTIONS. Journal Analytica Islamica, 13(2), 367-376.
Sani. A., Rizka & Sahyar. (2016). Analisis Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, vol 5. No 2.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, A. ( 2016 ). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Simanjuntak, M. P., Siregar, L., dan Lumbangaol, Y. T. (2019). Penerapan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Vol 7 No. 4.
Sudjana, Nana. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sumitro, S. B., & Rohman, F. (2024). The Effectiveness of the Problem-Based Learning Model to Enhance Students' Critical Thinking Skills on Conservation Biology Courses. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 4641-4649.
Wumu, A., & Buhungo, T. J. (2023). The effectiveness of problem-based learning model assisted by canva-oriented pancasila student profiles to improve scientific literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 5892-5898.
Article Metrics
Abstract view : 6 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nur Kholipah, Army Auliah, Arfiani Babay
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.