Penerapan LKPD Inkuiri Terstruktur Berbasis Qr Code untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII SMPN 11 Maros Baru
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v3i3.68430
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, D. & Rubini, B. (2016). Literasi Sains dan Kativitas Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared. Unnes Science Education Journal. 5(1), 1167-1174.
Armas, A. R. K., Ramlawati, & Syahrir, M. (2019). Hubungan Antara Literasi Sains Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Kelas XI MIPA Sma Negeri Se-Kota Makassar. Chemistry Education Review (Cer), 2(2), 1-10.
Arwan, A., Tawil, M., & Ramlawati, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal IPA Terpadu, 5(1), 19–27.
Asyhari, A., & Clara, G. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Levels of Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. 6(2), 87-101.
Choerunnisa, R., Wardani, S., & Sumarti, S. S. (2017). Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching Learning dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1945-1956.
Durak, G., Ozkeskin, E. E., & Ataizi, M. (2016). QR Codes in education and communication. Turkish Online Journal of Distance Education, 17(2), 42- 58.
Erdani, Y., Hakim L & Lia. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 6(1), 45–52.
Fatmawati, I. N., & Utari, S. (2015). Penerapan Levels of Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP Tema Limbah dan Upaya Penanggulangannya. EDUSAINS, 7(2), 152-159.
Febrianti, F. A. (2021) Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Pendidikan Dasar. 4(2), 102-115.
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.
Hasan, A.Z., Ramlawati, & Mamin R. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Lilirilau (Studi Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu, 2(2), 12–17.
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Pendidikan IPA. 6(1), 5-9.
Magfhira N.K, Muhiddin N.H, & Ramlawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Terhadap Peningkatan Kompetensi Literasi Sains Kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng. jurnal IPA Terpadu. Makassar, 1(1), 94-104.
Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 147-151.
Muliana, S., Muhiddin, N. H., & Yunus, S. R. (2019). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Kelas VIII SMP Negeri 15 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 2(2), 67-74
Nugraheni, N. C., Paidi, P., & Triatmanto, T. (2017). Kemampuan literasi sains kelas x SMA negeri mata pelajaran biologi berdasarkan topografi wilayah gunungkidul. Jurnal Edukasi Biologi, 6(5), 261-271.
Nurhayati, Saenab, S. & Asriani. (2019). Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas VII 1 di SMP Negeri 18 Bulukumba. Jurnal IPA Terpadu, 3 (1). 57-64.
Puspitasari, A. D. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2). 34-42.
Saenab, S., Syamsiah., & Saleh, A.R. (2017). Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quick Response Code (QR Code) pada Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Jurnal Bionature, 17(1), 58-62.
Safitri, L. B., & Dimas, A. (2021). Analisis Buku Ajar IPA SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan Ditinjau Dari Aspek Literasi Sains. Laser. 1(4), 581-586.
Seftia, I., Winata., A., & Cacik., S. (2018). Kelayakan Putik Berisi (Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Literasi Sains) Untuk Peserta Ddidik Sekolah Dasar V. Education and Human Development. 3(2), 111-120.
Sari, M. Y. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 9-15.
Siska. S.A., Septiadi. D., & Citra. D.A. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar MIPA. 15(2), 140-144.
Wahyu, E., Fathurohman, A., & Markos, S. (2016). Analisis Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP/MTs Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 14–24.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 66–73.
Article Metrics
Abstract view : 15 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Akbar, Sitti Saenab, Nurhayani H. Muhiddin
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.