Pengaruh Model Pembelajaran Multipel Representasi terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v4i1.50676
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainsworth. 2008. The Educational Value of Multiple-Representations when Learning Complex Scientific Concepts. In (Gilbert, J.K., Reiner, M., Nakhleh, M. Eds) Visualisation: Theory and practice in science education. U.K., Springer.
Chusni, M. M., Saputro, S., Suranto, & Raharjo, S. B. (2022). Enhancing Critical Thinking Skills of Junior High School Students through Discovery-Based Multiple Representations Learning Model. International Journal of Instruction, 15(1), 927-944.
Erdani, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Di SMP Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6 (1):45- 52.
Hake, R. 1999. Analyzing Change/ Gain Score. Aera-D.
Harlina, Ramlawati, & Rusli, M. A. (2020). Deskripsi Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas IX SMPN 3 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 3(2), 96-107
Kusumaningsih, W., Mustoha, A., & Rahman, F. (2018). Pengaruh Strategi Multiple Representasi Pada pembelajaran realistik matematik terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa. Jurnal ilmiah pendidikan Matematika, 3(1), 75-80.
Nurhayati, Saenab, S., & Asriani. (2019). Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas VIII 1 Di SMP Negeri 1 Bulukumba. Jurnal IPA Terpadu, 3 (1), 57-64
Prain, V., & Tytler, R. (2012). Learning through constructing representations in science: A framework of representational construction affordances. International Journal of Science Education, 34, 2751-2773.
Pratiwi, N. S., Cari, C., & Aminah S. N. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34-42
Riduwan. 2020. Dasar-Dasar Statistika. Bandung. Alfabeta
Seprianto. (2020). Hubungan pemahaman Konsep Dasar Kimia dengan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 3(1), 17-23.
Suryani, S. D. (2021). Pengaruh Model Multi Representasi terhadap Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Peserta DIdik Kelas XI pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi, 1-73.
Winata, A., Cacik, S., & Seftia, I. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik SDN Siderejo I Tuban pada Materi Daur Air. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1).
Yunus, S.R., Sudarto, & Wahyuni. 2018. Pencapaian Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Simayang Berbasis Multipel Representasi. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. 293-298.
Article Metrics
Abstract view : 16 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sarina Sarina, Sitti Rahma Yunus, Arie Arma Arsyad
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.