Deskripsi Aspek Konteks pada Literasi Sains Peserta Didik Kelas IX SMPN Se-Kecamatan Angkona

Siti Darmi Amir(1), Hasanuddin Hasanuddin(2*), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cse.v2i1.44237

Abstract


This research is quantitative descriptive survey research that aims to describe the ability of the scientific context aspects of ninth-grade students of secondary school in Angkona District accredited A and B for the 2021/2022 academic year on the excretory system material. The population of this study was all students of the ninth-grade of a secondary school accredited A and B throughout the Angkona District as many as 252 students, namely SMPN 3 Angkona which is accredited A, and SMPN 1 Angkona, SMPN 2 Angkona, and SMPN 4 Angkona are accredited B. Samples were selected with the saturated sample technique so that the sample in the study was 252 students. The research instrument was multiple choices questions on the excretory system material. Data collection techniques were by giving tests directly at school and giving online tests via Google Form and WhatsApp. Data were analyzed by quantitative descriptive analysis. The results obtained are the ability of the scientific context aspects of ninth-grade students of secondary school in Angkona sub-district: (1) on the personal indicator was in the "medium" category, (2) on the local/national indicator was in the "medium" category, and (3 ) on the global indicator was in the “high” category.

Keywords


Science Context; Scientific Literacy.

Full Text:

PDF

References


Azima, N. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh masuknya budaya asing terhadap nasionalisme bangsa Indonesia di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3): 7491-7496.

BSNP. (2020). Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/01/pos-penyelenggaraan-un-tahun-pelajaran-20192020

Direktorat Sekolah Dasar (2021). Menyiapkan Pendidik Profesional di Era Society 5.0. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50#

Eivers, E., et al. 2008. A Teacher’s Guide to PISA Science. Dublin: Educational Research Centre. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari https://www.academia.edu/44535178/A_teacher_s_guide_to_PISA_science

Erniwati, Istijarah, Tahang, L., Hunaidah, Mongkito, V. H. R., & Fayanto, S. (2020). Kemampuan literasi sains siswa SMA di kota Kendari: deskripsi dan analysis. Jurnal Kumpulan Fisika, 3(2): 99-108. Diakses pada tanggal 01 Maret 2022 dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/download/11984/6101

Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 6(1): 5-9. DOI: 10.29303/jppipa.v6i1.193

Humas UPI. (2018). Tantangan Nasionalisme Abad 21. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari https://berita.upi.edu/tantangan-nasionalisme-abad-21/

Irwandi. (2020). Strategi Pembelajaran Biologi (Lessons Study, Literasi Sains, dan Blended Learning). Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Kemdikbud (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Kemdikbud. (tanpa tahun). Pelajar Pancasila. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/profil-pelajar-pancasila/

Milana, R. (2021). Kaum Muda, Media Sosial dan Nasionalisme. Diakses tanggal 3 Februari 2022 dari https://revolusimental.go.id/kabar-revolusi-mental/detail-berita-dan-artikel?url=kaum-muda-media-sosial-dan-nasionalisme

Nofiana, M., & Julianto, T. 2017. Profil kemampuan literasi sains siswa SMP di Kota Purwokerto ditinjau dari aspek konten, proses, dan konteks sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 1(2): 77. DOI:10.30595/jssh.v1i2.1682.

Nurrizka, A. F. (2016). Peran media sosial di era globalisasi pada remaja di Surakarta suatu kajian teoritis dan praktis terhadap remaja dalam perspektif perubahan sosial. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(1): 28-37. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari https://media.neliti.com/media/publications/227595-peran-media-sosial-di-era-globalisasi-pa-1f4da2e5.pdf

Pratiwi, S.N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1): 34-42. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/download/31612/21184

Puspendik Kemendikbud. 2019. Pendidikan di Indonesia: Belajar dari Hasil PISA 2018. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari http://repositori.kemdikbud.go.id/16742/1/Laporan%20Nasional%20PISA%202018%20Indonesia.pdf

Rustini, N. (2020). Penguatan Karakter Bangsa sebagai salah satu Kompetensi Pembelajaran Abad 21. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/penguatan-karakter-bangsa-sebagai-salah-satu-kompetensi-pembelajaran-abad-ke-21

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang efektif dan menyenangkan bagi siswa madrasah ibtidaiyah (MI). ELEMENTARY, 4(1).

Sutrisna, N. (2021). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(12), 2683-2693. Diakses tanggal 01 Maret 2022 dari https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/download/530/452

Subaidah, et al. (2019). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek konteks dan knowledge menggunakan cooperative problem solving (CPS) dengan strategi heuristik. Jurnal Science Education Research, 2(2), 113-122. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/6238/3926

Toharuddin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Widiastuti, N. E. (2021). Lunturnya sikap nasionalisme generasi milenial terhadap Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development (IJSED), 3(2): 80-86.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21-28. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari https://media.neliti.com/media/publications/266426-literasi-sains-dalam-pembelajaran-ipa-ee06bbe6.pdf

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Paper dipresentasikan di 2nd Science Education National Conference, Universitas Trunojoyo Madura. Diakses tanggal 30 Januari 2022 dari https://www.researchgate.net/publication/332469989_MENGENAL_4C_LEARNING_AND_INNOVATION_SKILLS_UNTUK_MENGHADAPI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40_1/link/5cb73e77a6fdcc1d499bb356/download


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Darmi Amir

  Email: [email protected]

Indexed by:

   

 

Creative Commons License
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View CSE UNM Stats