Penerapan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII MTs Darunnaiem Pesse Kec. Donri-Donri Kab. Soppeng (Studi pada Materi Perpindahan Kalor)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v1i3.40342
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Firiyal A. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII (Studi Materi Pokok Sistem Eksresi Manusia). Jurnal IPA Terpadu. Vol. 4 No. 1 2020.
Amin, Siti F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learnin dengan Menggunakan Media PPT Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 27 Makassar. Jurnal IPA Terpadu. Vol. 2 No. 2 2019.
Andriani, Nita. (2019). Penerapan Media Komik Digital terhadap Pemahaman Pembelajaran Matematis Siswa SMP. Prosiding DPNPM Unindra. 2019.
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aslamiyah, Lailatul dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika berbasis Integritas Interkoneksi Nilai-nilai Alquran. Unnes Physics Education Journal. Vol. 6 No. 3,45-52.
Haerana, A Husnul. (2021). Pengaruh Media Phet Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX SMPN 13 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Listrik Dinamis). Jurnal IPA Terpadu. Vol. 4 No. 2 2021.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Phisics Indiana University USA.
McCloud, Scott, (2001). Understanding Comic: Memahami Komik. Jakarta: Gramedia.
Mediawati, Elis. (2011). “Pembelajaran Akuntan si Keuangan melalui Media Komik untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12 No. 1 April 2011.
Nurhayati. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 3 Sengkang Kabupaten Wajo. Jurnal IPA Terpadu. Volume 1 No. 1 2017.
Prasetyo, Aditya Eko, Tontowi Amsia dan Yustina Sri Ekwandari. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah. FKIP Unila.
Samudar, Nurhaerani. (2019). Pengaruh Media Puzzle pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Divisi Pencapaian Kelompok Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Mappedeceng (Studi Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Manusia) Kabupaten Luwu Utara. Jurnal IPA Terpadu. Vol. 3 No.1 2019
Sudjana, N. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N dan Rivai, A. (2012). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2015). Penilaian Autenttik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Suryani, Irma. (2018). Pengaruh Media Video Dengan Pendekatan Kontektual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTs Negeri Gantarang Kab. Bantaeng. Jurnal IPA Terpadu. Vol. 1 No. 2 2018.
Wahyuningsih, Ary Nur. (2011). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal PP. Volume 1, NO. 2.
Article Metrics
Abstract view : 84 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rijal Rijal, Ramlawati Ramlawati, Muhammad Aqil Rusli
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.