PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Alwi .(1*), Tabrani Gani(2), Muhammad Danial(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8966

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah merancang strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Mengembangkan strategi pembelajaran berbasis masalah diyakini lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran kimia. Pembelajaran konvensional diyakini menjadi salah satu permasalahan kegagalan peserta didik. Hal ini menjadikan peserta didik berperan pasif dalam pembelajaran. Peneliti merumuskan dua pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana gambaran pengembangan strategi pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik? (2) Bagaimana gambaran kualitas strategi pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya? Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang terdiri dari identifikasi, perancangan, pengembangan, dan implementasi. Identifkasi kebutuhan pembelajaran dihasilkan berdasarkan pengamatan selama proses pembelajaran untuk membuat prototipe strategi pembelajaran kemudian dilakukan uji coba untuk mendapatkan desain strategi pembelajaran dengan melakukan pretest-posttes di SMAN 3 Bone. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket, lembar pengamatan dan tes. Angket diberikan 35 peserta didik di tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini divalidasi oleh para ahli yang terkait di bidangnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMAN 3 Bone. Para guru dan peserta didik Di SMA 3 Bone menganggap bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah praktis dan efektif untuk diimplementasikan dalam pembelajaran kimia.

 

Kata kunci  : strategi pembelajaran, berpikir kritis, pemecahan masalah.

 

 

ABSTRACT

The study aims at designing problem-based learning strategy to improve critical thinking skill and problem solving ability of students. Developing problem-based learning strategy is believed to be more effective to be applied in Chemistry learning. The convensional learning is believe to be a problem which creates failure to students. It make studens being passive in leaning. The researcher formulates two research question as follow: (1) How is the description of the development of problem-based learning strategy that able to improve critical thinking skilla and problems solving ability of students? (2)  How is the description of the quality of problem-based learning strategy developid based on validity, practicality, and effectivenes? This study is research and development, which consists of identification, design, development, and implementation. Identification of learning needs is generated based on observation during the learning process to make a prototype learning strategy; then, conduct a trial to get the disign of learning strategies by doing the pretest-posttest at SMAN 3 Bone. In collecting the data, the researcher employs questionnaire, observation sheet, and test. Questionnaires were given to 35 students of academic year 2018/2019. The instrumen used in this study were validated by experts related to their field of studies. The results of the study reveal that the development of problem-based learning strategy can improve critical thinking skill and problem solving ability of s tudents at SMAN 3 Bone. Teachers and students at SMAN 3 Bone considered that the problem-based learning strategy is practical and effective to be applied in Chemistry learning.

 

Keywords: learning strategies, critical thinking, problem solving.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Article Metrics

Abstract view : 482 times | DOWNLOAD PDF view : 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER UNM Indexed by:

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.