PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI POKOK ASAM BASA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universtias Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8754
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi dan revisi, dan fase implementasi. Subjek uji coba produk pengembangan ini adalah siswa kelas XI MIA1 SMA Negeri 6 Takalar dengan jumlah peserta didik 32 orang. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk semua item dan aspek yang diukur, penilaian kevalidan media memperoleh kriteria valid, penilaian kepraktisan media adalah praktis. Hasil pretest-posttest gain = 0.798 (0,798>0,7=tinggi). Dari hasil tersebut menujukkan media media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis dan efektif, sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan layak
dijadikan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Android, Plomp, Asam Basa.
ABSTRACT
The study at developing interactive learning media. The study is research development by employing Plomp’s development model which consist of five phase, namely initial investigation phase, design phase, realization/construction phase, test phase, evaluation and revision phase, and implementation phase. The subjects of tryout test were the students of grade XI MIA1 at SMAN 6 in Takalar with the total of 32 students. Data were collected by employing questionnaire with Likert scale. Data were analyzed by using descriptive statistics analysis. The results of the study reveal that all of the items and the aspects measured, the assessment of media validity obtained valid criteria, the assessment of media practicality was practical. The result of pretest-posstets gain = 0.798 (0,798>0.7= high). The aforementioned result indicates that interactive learning media based on android developed is valid category, practical, and effective. Thus, the conclusion is the interactive learning media based on android developed is feasible as learning media.
Keywords: Development Research, Learning Media, Android, Plomp, Acid-Base
Full Text:
DOWNLOAD PDFArticle Metrics
Abstract view : 303 times | DOWNLOAD PDF view : 62 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.