PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 MANDAI (Studi Materi Pokok Larutan Penyangga)

Faisal .(1*), Tabrani Gani(2), Muhammad Danial(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i0.8488

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Mandai materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian Pretest treatment Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Mandai tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 4 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara random kelas dan terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas yang dibelajarkan model pembelajaran discovery learning dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji independent sample T-Test. Hasil analisis deskriptif diperoleh data rata-rata nilai N-gain keterampilan berpikir kritis pada kelompok model pembelajaran discovery learning sebesar 0,67 dengan kategori sedang dan kelompok model pembelajaran langsung sebesar 0.55 dengan kategori sedang. Nilai N-gain hasil belajar pada kelompok model pembelajaran discovery learning sebesar 0,76 dengan kategori tinggi dan kelompok model pembelajaran langsung sebesar 0.66 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Mandai pada materi pokok larutan penyangga.

 

Kata kunci: Model pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, dan larutan penyangga.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Article Metrics

Abstract view : 190 times | DOWNLOAD PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER UNM Indexed by:

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.