Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Google Sites menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Melatih Numerasi Siswa pada Materi Hukum Dasar Kimia
(1) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(2) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v8i2.65794
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifiani, I., Rokhimawan, M. A., & Rahmawan, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Web Google Sites Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII IPA.
Azizah, A. L., & Ardhana, I. A. (2023). Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Interaktif Berbasis Web Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 13(1).
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1).
Fatah, A. H., Asi, N. B., Anggraeni, M. E., Wulandari, A., & Latif, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Dasar Berbasis Web Pada Pokok Bahasan Termokimia. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1),
Fatmawati, N., Kurniawan, R. A., & Kurniati, T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas X IPA pada Mata Pelajaran Kimia di MAS Al-Mustaqim Arang Limbung. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 7(1).
Kemendikbud. (2017a). Materi Pendukung Literasi Numerasi. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf
Kemendikbud. (2017b). Panduan Pembelajaran Saintifik. https://repositori.kemdikbud.go.id/21421/1/Panduan-Pembelajaran-Saintifik.pdf
Kemenristek. (2022). Pengembangan instrumen penilaian berbasis literasi numerasi—Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/25169/
Kemenristek. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. https://balaibahasariau.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/12/LAPORAN-PISA-KEMENDIKBUDRISTEK.pdf
Khoirunnisa, S., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP pada Era Merdeka Belajar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 925–936.
Lubis. (2023). Mengulik Hasil PISA 2022 Indonesia: Peringkat Naik, tapi Tren Penurunan Skor Berlanjut. GoodStats. https://goodstats.id/article/mengulik-hasil-pisa-2022-indonesia-peringkat-naik-tapi-tren-penurunan-skor-berlanjut-m6XDt
Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center. http://eprints.umsida.ac.id/306/1/BUku%20Saintifik.pdf
Muthmainnah, U. (2022). Pendayagunaan Carrd Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 96–105.
Muyassaroh, A., & Ardhana, I. A. (2022). Development of Audiovisual Learning Media on Electrolyte and Non-Electrolyte Chemistry Topic With Powtoon Application. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 10(1),
Nastiti, M. D., & Dwiyanti, A. N. (2022). Kajian Literatur: Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1), Article 1.
Oyeniran, D. O., Odimayo, O. P., & Adeleke, J. O. (2022). Modeling Physical Chemistry Achievement using Concept Difficulty, Numerical Ability, and Interest. The African Journal of Behavioural and Scale Development Research, 4(1), Article 1.
Purpura, D. J. (2009). Informal Number-Related Mathematics Skills: An Examination Of The Structure Of And Relations Between These Skills In Preschool.
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), Article 3.
Sitepu, D. S. B., & Herlinawati, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada materi ikatan ion dan kovalen untuk SMA kelas X. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), Article 5.
Article Metrics
Abstract view : 194 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.