Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Negeri Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v7i2.63052
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, N., Saparini, & Akhsan, H. (2018). Kemampuan literasi sains fisika siswa SMP kelas VII di Sumatera Selatan menggunakan kerangka pisa (program for international student assesment). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 278-291.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arohman, M., Saefudin, & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains Peserta didik pada Pembelajaran Ekosistem. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 90-92.
Bahriah, E. S. (2015). Peningkatan Literasi Sains Calon Guru Kimia pada Aspek Konteks Aplikasi dan Proses Sains. EDUSAINS, 7(1), 11-17.
Damanik, L., & Yanny, A. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Sistem Koloid Menggunakan Computer Based Learning. Jurnal Riset Komputer, 3 (6), 80-83.
Firdha Yusmar, Rizka Elan Fadilah Analisi rendahnya Literasi Sains Peserta didik Indonesia. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA.Volume 13, Nomor 1, halaman 11-19,2023.
Halimah Husain, Ramdani 2022. Pengembangan Model Pembealjaran untuk meningkatkan kemampuan Literasi saisn Peserta didik SMP. Laporan Hasil Penelitian PNBP.
Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The Meaning of Scientific Literacy. International Journal of Environmental & Science Education, 4(3), 275- 288.
I Ketut Suparya, Wayan Suastra, Ida Bagus Putu Arnyana, Mpu Kuturan Singaraja, 2022. Rendahnya Literasi Sains : Faktor penyebab dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti p-ISSN 2355-5106 || e-ISSN 2620-6641.
Ismiyati, Marlita, D., & Saidah, D. (2014). Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 1(3), 241-248.
Jegstad, K. M., & Sinnes, A. T. (2015). Chemistry Teaching for The Future: A Model for Secondary Chemistry Education for Sustainable Development. International Journal of Science Education, 37(4).
Laksono, P., J. 2018. Studi kemampuan literasi sains mahapeserta didik Pendidikan kimia pada materi pengolahan limbah. Jurnal Pendidikan Kimia. 7(2). 1-12.
Maulina, D., Widyastuti, Maulina, H., & Mayasari, S. (2022). Kajian faktor intrinsic dan kemampuan literasi sains peserta didik smp di kota bandar lampung. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 1-8.
Mellyzar, Zahara, S. R., & Alvina, S. (2022). Literasi sains dalampembelajaran sains peserta didik smp. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 119-124.
Mose, Y. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Prses Sains Peserta didik.
Nadhifatuzzahro, D., Setiawan, B., & Sudibyo, E. (2015). Kemampuan literasi sains peserta didik kelas vii-b smp negeri 1 sumobito melalui pembuatan jamu tradisional. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya 2015.
Norris, S. P., & Phillips, L. M. (2003). How Literacy in Its Fundamental Sense is Central to Scientific Literacy. Wiley Periodicals. Ins., 224.
Nuangchalerm, P. (2009). Development of Socioscientific Issues-Based Teaching for Preservice Science Teachers. Journal of Socio Sciences, 5(3), 239-243.
OECD. (2013). PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2019). PISA 2018 Insight and Interpretation Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD
OECD. 2019. PISA 2018 Result (Volume I): What Student Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
PISA 2015 Assesment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya literasi sains pada pembelajaran ipa smp abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(1), 24–29.
Pratiwi, I. 2019. Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 2(1). 51- 71.
Article Metrics
Abstract view : 173 times | PDF view : 15 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.