PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Sry Astuti(1*), Muhammad Danial(2), Muhammad Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan keterampilan  berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia yang valid, praktis dan efektif digunakan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Hannafin & Peck, yang terdiri dari tahapan penilaian kebutuhan (need assessment), desain (design), dan pengembangan (develop) dan implementasi (implementation). LKPD berbasis PBL yang telah dikembangkan, divalidasi oleh dua orang ahli. Uji coba LKPD dilakukan di SMA Negeri 21 Makassar pada kelas XI-IPA4 dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Uji  coba ini dilakukan untuk menguji keefektifan dengan memberikan angket respon peserta didik, pengamatan aktivitas peserta didik dan test keterampilan berpikir kritis, kemudian menguji kepraktisan dilakukan pengamatan keterlaksanaan LKPD, angket respon guru dan lembar pengamatan aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL yang dikembangkan telah dilakukan validasi, yang dinyatakan sangat valid. LKPD berbasis PBL dikatakan praktis dan efektif, karena pada uji kepraktisan yang berhubungan dengan: (1) keterlaksanaan LKPD, menunjukkan seluruh aspek dalam pembelajaran berada pada kategori terlaksana seluruhnya, (2) guru memberikan respon yang positif terhadap LKPD yang digunakan, dan (3) kesesuaian ativitas guru dengan model pembelajaran berbasis masalah berada pada batas interval toleransi. LKPD ini juga memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) Aktivitas peserta didik berada pada batas interval toleransi; (2) Keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,824 yang termasuk dalam kategori tinggi, dan (3) Peserta didik memberikan respon yang positif terhadap LKPD berbasis PBL yang digunakan.

 

Kata kunci: Pengembangan, LKPD Berbasis PBL, Keterampikan Berpikir Kritis, Kesetimbangan Kimia

Full Text:

PDF

References


Alfana, Mila, dkk. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal ISSN 2252-6617, Universitas Negeri Semarang, diakses pada tanggal 15 Februari 2018 di Makassar.

Ananda, Putri, Mega dan Azizah, Utlya. 2016. Pengembangan LKS Berorientasi Problem Based Learning Untuk Melatihkan Creative Thinking Skill Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Unesa Journal of Chemistry Education Vol 5, No 2, pp. 224-232 Mei 2016, ISSN 2252-9454, Universitas Negeri Semarang, diakses pada tanggal 15 Februari 2018 di Makassar.

Anderson, J.A. 2003. Critical Thinking Across the Discplines. New York: Makalah Pada Faculty Development Seminar in New York City College of Technology.

Andromeda, dkk. 2017. Pengembangan Lembaran Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Berbasis Guided-Inquiry Materi Laju Reaksi Untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP) Volume 1 Nomor 1 Mei 2017 e-ISSN 2579-860X, Universitas Negeri Padang, diakses pada tanggal 15 Februari 2018 di Makassar.

Anitah S. 2008. Media Pembelajaran. Surakata: LPP UNS dan UNS Press.

Arikunto, S. 2007. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Ed.Revisi, Cet.7. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, azhar. 2006. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Aprida, Irlani, Delima, Sari. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk meningkatkan kemampuan Berpikir kritis Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Bandar Lampung: Program Magister Keguruan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Lampung.

Azmi, Choirina, Unik. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Semarang: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Semarang.

Brooks, J.G. & Brooks, M.G. 1999. In search of understanding: The Case for Constructivist Classrooms. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development. http://asimov.coehs.uwosh.edu/~cramer/case study1/Concepts/ Constructivist.html. Diakses pada tanggal 27 Juli 2017 di Makassar.

Damayanti, D.S., Nur N., & Eko S.K. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Purwokerto.

Darmojo, H., & Kaligis, J. R.E.. 1993. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Delisle, R. 1997. How to Use Problem-Based Learning in the Classroom. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP. Jakarta.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa dan Skenario Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Dwijananti, P., D. Yulianti. 2010. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6: 108- 114.

Eni, Wiwin Maryanti. 2016. Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Dispososi Berpikir Kritis. Program Pascasarjana Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universiatas Lampung. Bandar Lampung.

Ennis, R. H. (1987). A Taxonomy Of Critical Thinking Dispositions And Abilities. In J. B. Baron & R. J. Sternberg (Eds.), Series of books in psychology. Teaching thinking skills: Theory and practice (pp. 9-26). New York: W H Freeman/Times Books/ Henry Holt & Co.

Ennis, R.H. (2002). “An Outline of Goals for a Critical Thinking Curriculum and Its Assessment”. This is a revised version of a presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July, 1994. http://www.criticalthinking.net/goals.html. Diakses pada tanggal 27 Juli 2017 di Makassar.

Fauziah, Resti, dkk. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Bandung: Jurnal pembelajaran saintifik, volume IX, No. 2 166-168.

Hake, Richard R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Departhement of Physics, Indiana University 24245 Hanteras Street, Woodland Hills, CA, 91367 USA.

Hasruddin. 2009. Memaksimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 6(1): 49- 60.

Hassoubah, Z.I. 2014. Cara Berpikir Kreatif dan Kritis. Translated by Bambang Suryadi. Bandung: Penerbit Nusantara.

Herman, T. 2007. Pembelajaran berbasis Masalah untuk meningkatkan Kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Bandung: Disertasi pada PPs UPI.

Hernawan, Herry, Asep. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka.

Hmelo-Silver, C. E., & Barrows, H. S. 2006. Goals and Strategies of A Problem-Based Learning Facilitator, Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning.

Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan [Aplikasi Pada penelitian Pendidikan Matematika]. Jember : Pena Salsabila.

Hung, W., Jonassen, D. H., & Liu, R. 2014. A Problem-based Ubiquitous Learning Approach to Improving the Questioning Abilities of Elementary School Students. In J. M. Spector, J. G. VanMerriënboer, M. D., Merrill, & M. Driscoll (Eds.), Handbook of research on educational communicationsand technology (3rd ed., pp. 485-506). Mahwah, NJ. Erlbaum.

Humasah, & Yanur S. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustaksa Raya.

Irmayanti. 2015. Pengaruh Penilaian Portofolio dalam Model Pembelajaran Advanced Organizer dan Kemampuan Awal terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Kimia Peserta didik kelas XI SMA Negeri 12 Makassar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Kadhafi, Rizky. 2013. Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk SMK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kalsum, Siti, dkk. 2009. Kimia 2 Kelas XI SMA dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Kemp, J. E, Dayton. 1985. Planing and Producing Instructional Media. Harper & Row, New york.

Khalaliyah, Rizki. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Problem Solving Untuk Meningktakan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Alat Optik. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Khotim, Hikmatun, Nurul, dkk. 2015. Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah Pada Materi Asam Basa. Jurnal Chemistry in Education ISSN No 2252-6609, Universitas Negeri Semarang, diakses pada tanggal 15 Februari 2018 di Makassar.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nofiyanti, Dwi, Wigati dan Ismono. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Problem Based Instruction (PBI) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Laju Reaksi Siswa Kelas XI SMAN 15 Surabaya. UNESA Journal of Chemical Education Vol.4, No.2, pp.172-179, May 2015, ISSN 2252-9454, Universitas Negeri Semarang, diakses pada tanggal 15 Februari 2018 di Makassar.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Surabaya: UNESA

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit UM.

PPs UNM. 2012. Pedoman Penulisan tesis dan Disertasi Program Pascasarjana UNM Makassar. Makassar: PPs UNM.

Prastowo, Andi. 2011. Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: DIVA Press.

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahardian, Dewi, Titah. 2011. Metode The King Kimia Ala Tentor. Jakarta: Wahyumedia.

Rachman, Fuad Abdul, dkk. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA. Jurnal Alkimia Vol.1 No.1 2017, UIN Raden Fatah Palembang, diakses pada tanggal 15 Februari 2018 di Makassar.

Rahma, Alifa Noora. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpendekatan SETS Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Empati Siswa Terhadap Lingkungan. Journal of Education Research and Ealuation ISSN 2252-6420, Universitas Negeri Semarang, diakses pada tanggal 15 Februari 2018 di Makassar.

Riduwan, 2010. Metode dan Teknis Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Rohaeti, E., LFX, E. Wijayanti., & Padmaningrum, R. T. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran sains kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1).

Rosmaini. 2009. Keterbacaan Buku Teks. Medan: FBS UNIMED.

Rusman. 2010. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusmono. 2012. Srategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Savinainen, A. 2004. High School Students Conceptual Coherence of Qualitative Knowledge in the Case of the Force Concept. Dissertation, University of Joensuu.

Sobihi, Muh dan Siswanto, joko. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Semarang: Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Semarang.

Sudjana, nana. 2010. Penilaian hasil dan Proses belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, I Made, dkk. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Cetak Menggunakan Model Hannafin & Peck Untuk Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya. e-Juornal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program, Studi Teknologi Pembelajaran, Volume 4 tahun 2014, diakses pada tanggal 10 Oktober 2017 di Makassar.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Bandar Lampung: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Unila.

Taslim, Rhoshandhayani, Koesiyanto, dkk. 2017. pengembangan buku teks pelajaran IPA terintegrasi mitigasi bencana pada bahasan getaran dan gelompang. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017, ISSN 2527-5917, vol.2, Universitas Jember, diakses pada tanggal 15 Februari 2018 di Makassar.

Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. 2007. Model pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyuni, Sri. 2015. Pengembangan bahan Ajar IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal materi dan pembelajaran fisiska, Volume 5 nomor 2 2015 ISSN: 2089-6158, Universitas Jember, diakses pada tanggal 10 Oktober 2017 di Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 14505 times | PDF view : 2825 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER UNM Indexed by:

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.