PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR (STUDY PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI)

Fajri Nurdin(1*), Taty Sulastri(2), Hasri .(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5607

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment yang berbentuk pretest-postest control group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (i) perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 pada model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan saintifik dengan peserta didik yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 di kelas X SMAK Makassar pada materi pokok laju reaksi; (ii) perbedaan hasil belajar kimia peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 pada model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan saintifik dengan peserta didik yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 di kelas X SMAK Makassar pada materi pokok laju reaksi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dihitung menggunakan program SPSS 22 dengan analisis One-way Anova dengan kriteria pengujian: terima H1  jika signifikansi (p) yang diperoleh lebih besar dari α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (i) ada perbedaan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 pada model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan saintifik dengan peserta didik yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 di kelas X SMAK Makassar pada materi pokok laju reaksi; (ii) ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 pada model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan saintifik dengan peserta didik yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 di kelas X SMAK Makassar pada materi pokok laju reaksi.

 

Kata kunci: Macromedia Flash 8, Kooperatif, Saintifik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Nurdin. 2016. Tutorial Macromedia Flash Profesional 8 Untuk Pemula. https://inteleccreativemedia.files.wordpress.com/2014/04/macro-media-flash-8-nurdin.pdf. (Online). diakses tanggal 2 Oktober 2016. Tersedia.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Fahri. 2016. Pengenalan dasar Macromedia Flash 8. http://fakhri9.wordpress.com. (online). Diakses tanggal 3 Oktober 2016. Tersedia

Firman, H. 2000. Penilaian Hasil belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UPI.

Florida, Elisa. 2013. Flash. https://elisaflorida.wordpress.com/2013/07/29/flash/. (online). Diakses tanggal 26 Oktober 2016. Tersedia.

Haling, A. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Harjono & Harjito. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Chemo-Edutainment Untuk Mata pelajaran Sains-Kimia di SMP. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/download/1307/1376. . (Online). diakses tanggal 2 Oktober 2016. Tersedia

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi 2013). Bogor: Ghalia Indonesia.

Juspiana, 2016. Pengaruh Penerapan Multimedia Berbasis Macromedia Flash Terhadap Motivasi Belajar Murid pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas V SD Inpres Tidung Kota Makassar. Thesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nurdin, F. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sakti, Indra; Puspasari, Yuniar M; Risdianto, Eko. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA PLUS Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta. (Online). Vol. X, No.1.http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/viewFile/778/598.html.%20%5B7 (Online). Diakses pada tanggal 6 September 2016. Tersedia.

Salam, Abdul. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS4 Professional pada Materi Pokok Sistem Koloid. Thesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sanger, M.J. 2001. Computer Animation in Chemistry: What We Have Learned. Online 6 September 2016. Tersedia.

Sani, Ridwan A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siregar, E. & Nara, H. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Ketiga. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sudjana, N. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunardi. 2008. Kimia Bilingual untuk SMA/MA kelas XI. Bandung: CV. Yrama Widia.

Tim Wahana Komputer. 2004. Pembuatan CD Interaktif dengan Macromedia Flash MX Profesional 2004. Jakarta: Salemba Infotek.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi pustaka.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, D., etc. 2003. Macromedia Flash MX dengan Action Script. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yudhi, M. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Yogo D. Prasetyo, Resti, dkk. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMA. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/jaslin-ikhsan-drs-mappsc-phd/2015yogoandroid-untuk-motivasi.pdf. (Online). diakses tanggal 2 Oktober 2016.


Article Metrics

Abstract view : 2519 times | PDF view : 500 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER UNM Indexed by:

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.