Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Redoks Peserta Didik SMAN 2 Buru
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v6i2.45204
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Astuti, Dwi., Rachmat. (2015). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar dan Minat Materi Koloid SMA Negeri 1 Rasau Jaya. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2).
Asfuriyah, I., Haryani, S. Harjito. (2017). Analisis Pencapaian Kompetensi Kognitif Pada Materi Hukum Dasar Kimia Melalui Two-Tier Test. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains dan Teknologi. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Fransiskus, Angga. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Discovery Learning Di SMPN Kota Kupang. Universitas Katolik Widya Mandira.
Hidayat, Wahyu., Sari, Andika T. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quetient Siswa SMP. Jurnal Elemen, Jurusan Pendidikan Matematika Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi.
Indrawati, H. (2011). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Implementasi Model Controversial Issues Pada Mata Kuliah Ekonomi Sumberdaya Manusia dan Alam. PEKBIS (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis).
Kalsum Umi., Saefuddin, Muh., & Marhadi, Ali. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Multireprentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kimia, UHO.
Kartikasari, D., Medriati, R., & Purwanto, A. (2018). Penerapan Discovery Learning Model dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Kalor dan Perpindahan Kalor. Jurnal Kumparan Fisika.
Lailasari, Z. R. W., Utami, B., & Indriyanti, N. Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Model Discovery Learning Berbantuan Mind Map Di Kelas XI IPA 2 Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia.
Lethe, M. O., Herawati, N., & Anwar, M. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MIA 5 MAN 1 Makassar (Studi pada Materi Pokok Termokimia). ChemEdu.
Magdalena, Maria. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia - Medan. Jurnal Warta.
Normaya, Karim. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama, EDU- MAT, Jurnal Pendidikan Matemtika.
Pratiwi, F. A., & Rasmawan, R. (2014). Pengaruh penggunaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.
Ramdani, Dani., & Lia Badriah. (2018). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning Pada Materi Sistem Respirasi Manusia. Jurnal Bio Education.
Wahjudi, Eko. (2015). Penerapan Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lentera Sains.
Yulianti, Anisa. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbantukan Teknologi Informasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi.
Article Metrics
Abstract view : 180 times | PDF view : 23 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.