Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v6i1.39478
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi., A dan Joko., P. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Pustaka Setya.
Alferi, L., Brooks, P.J., Aldrich, N.J., Tenenbaum, H.R., 2011. Does Discovery Based Instruction Enbance Learning. J. Educk. Psychol. 103. 1-18.
Arikunto, S. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baroody, A.J., Eiland, M. D., Purpura, D.J., Reid, E.E., 2013. Can Computer Assisted Discovery Learning Foster First Graders Fluency With the Most Basic Addition Combination. Am Educ. Res. J. 50. 533-573.
Basir, N., 2020. Pengembangan Perangkat pembelajaran Kimia SMA Berbasis Predict-Observe-Explain pada Materi Larutan Asam Basa (Tesis). Makassar :Universitas Negeri Makassar.
[BSNP] Badan Standar Nasional Pendidikan. 2008. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Dahar, R.W. 2011. Teori–teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Darmaeni., Danial, M., Arsyad, N., 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Asam, Basa, Dan Garam Smp Negeri 1 Bulukumba. Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM. Vol 1. No 2. hal 13-28.
Druckman, D., Ebner, N., 2017. Discovery Learning In Education Management: Design and case Analysis. J. Manag. Educ.
Hamida, S, 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Desain Busana Berbasis Discovery Learning dan peningkatan Kreativitas Maha Peserta Didik. Jurnal media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 3, No.2. Diakses pada Tanggal 27 Juni 2021.
Hanafiah, & Cucu., S. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung:Refika Aditama.
Hasrida, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Maniangpajo (Tesis). Makassar :Universitas Negeri Makassar.
Haling, A,. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Badan Penerbit UNM:Makassar.
Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan [Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika]. Jember: Pena Salsabila.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia.
Kemendikbud 2013. Model Pembelajaran penemuan Discovery Learning. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan penjamin Mutu.
Kurniasih & Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Mahmuddin. 2011. Perangkat Perangkat Pembelajaran Saintifik untuk Memahami materi Bioteknologi di SMP. Tesis. Universitas Negeri Makassar.
Megawati. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia dengan Model Learning Cycle Berbantuan Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Pada Materi Pokok Asam Basa (Tesis). Makassar :Universitas Negeri Makassar.
Muflihah, S., 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Discovery Learning Beriorientasi Meningkatkan Kemampuan Berfikir kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik (Tesis). Makassar :Universitas Negeri Makassar.
Mulyasa, E. 2011. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.
Nieveen, R, 2013, Kemampuan Penalaran MatematikaSiswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011, Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Nursyahraini, Sugiarti, dan Taty Sulastry. 2020. Chemistry Education Review. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Larutan Penyangga. Pendidikan Kimia PPs UNM, Vol. 4, No. 1 (45-55).
Prasetyo, Z.K., 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana. Yogyakarta: Universitas negeri Yogyakarta.
Prastowo, A., 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press.
Mulyasa. E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.
Oxtoby, David W.dkk, 2001. Prinsip-prinsip Kimia Modern, Ed.ke-4 Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Permendiknas RI No. 20 Tahun 2007 tentang standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP. Jakarta.
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prawiradilaga, D.S. 2006. Modul Penulisan Modul untuk Pelatihan Peneliti. Jakarta: LIPI.
Purba, Michael. 2002. Kimia SMA kelas XI. Erlangga: Jakarta.
Purwanto, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Purwanto, M.Ngalim. 1994. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, ISSN:2086-2334. Vol:3, No:1, Juni 2012,68.
Article Metrics
Abstract view : 119 times | PDF view : 23 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.