ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA DI KABUPATEN ENREKANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL BERDIMENSI PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, PROSEDURAL DAN METAKOGNITIF
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i0.3883
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. 2010. Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesman. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Anggraini. 2012. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,063 (12).
Anwar, N.M. dan Rasool, S. 2012. A Comparison of Creative Thinking Abilities of High and Low Achievers Secondary School Student. International Interdeciplinary Journal of Education (Online), Volume 1, Issue 1.
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bloom, B.S., Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, W.H., dan Krathwohl, D.R. 1956. The Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay.
Brookhart, S.M. 2010. How To Assess Higher Order Thinking Skills In Your Classroom. USA: ASCD
Chatif, M. 2012. Gurunya Manusia. Bandung: Penerbit Kaifa.
Dahar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi. 2013. Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial, Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Daruma, A.R, dkk. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas.
Eka. 2011. Kata Operasional Taksonomi Bloom Versi Baru untuk Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Erni, E. 2012. Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Limit Fungsi di Satu Titik. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Elizabeth, B.H. 2005. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Friedman, H.S., & Schustack, M.W. 2008. Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.
Groncher, A. Johri, A. dan Lohani V. 2009. Exploration and Exploitation in Engineering Design: Examining the Effects of Prior Knowledge on Creativity and Ideation. Online Journals.
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurmayangingsih. 2013. Analisis Pemahaman Tentang Pengetahuan Faktual, Konseptual, dan Prosedural pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP Ummul Mukminim Makassar. Tesis tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Gardner, H. 2003. Learning Styles and Portfolio Management. Journal of Financial Education.
Gregorc, A.F. 2002. An Adult’s Guide to Style. Maynard, MA: Gabriel Systems.
Hamalik, O. 2001. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: CV. Mandar Maju
Ibrahim. 2013. Metacognitive Strategies of The University Students With Respect to Their Perceived Self-Confidence Levels About Learning. Jurnal Online. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116 ( 2014 ) 3336 – 3339
Ihsan, H. 1998. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Ramires, 2008. Creative Activities and Students’ Higher Order Thinking Skills. U.P. College of Education. Online Journals. Education Quarterly, December 2008, Vol. 66 (1), 22-33.
Rampoyong, 2010. The Development of Metacognitive Inventory to Measure Students’Metacognitive Knowledge Related to Chemical Bonding Conceptions. Paper Presented At International Association For Educational Assessment (Iaea 2010). Jurnal Online. Thailand
Richard, A. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rochmad. 2012. Revisi Taksonomi Bloom (A Revision of Bloom’s Taxonomy). Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM
Sarwono, S.W. 2007. Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: N.V Bulan Bintang.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Jakarta: Alfa Beta
Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widodo, A. 2006. Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Article Metrics
Abstract view : 592 times | PDF view : 309 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.