PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KINERJA DAN SIKAP PADA PRAKTIKUM TITRIMETRI DAN GRAVIMETRI SMK-SMTI MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i0.3877
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R.I. 2008. Learning To Teach (Belajar Untuk Mengajar) Edisi Ketujuh Jilid I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Brookhart, S.M. 2013. How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. Virginia: ASCD United States of America.
Colley, K. 2008. Performance-Based Assessment. The Science Teacher, November 2008. Halaman 68-72.
Djaali & Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Haksani. 2013. Pengembangan Perangkat Asssessment Berbasis Keterampilan Generik Sains pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Dasar Lanjut. Jurnal Chemica, Vol.14, No.1, 27 – 37
Husamah. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi (Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Jumriati. 2014. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Praktikum Kimia. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Karyana, I,K. 2013. Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Assessment) Keterampilan Penerapan Metode Ilmiah dalam Penyusunan Skrip Karya Seni Mahasiswa Program Studi Seni Rupa Murni Institut Seni Indonesia Denpasar. Jurnal Seni Budaya Mudra, Volume 28, No.2, 216 – 229.
Kemendikbud. 2014. Buku Teks Bahan Ajar Siswa Paket Keahlian: Kimia Analisis, Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik, Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Press.
Popham, J. 2000. Classroom Assessment, What Teacher Need to Know Sixth Edition. Los Angeles: University of California.
Ramadani, K. 2012. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Pada Praktikum Kimia Dasar Lanjut. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Ruslan. 2005. Prinsip Dasar Evaluasi (Disampaiakan pada Diklat Guru Sekolah Dasar Mata Pelajaran Matematika). Makassar: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Sulawesi Selatan.
Ruslan. 2009. Validitas Isi. Buletin Pa’biritta, No.10 Tahun VI. Halaman 19.
Stiggins, R.J.1987. Design and Development of Performance Assesments. Northwest Regional educational Laboratory. Online. (http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1745-3992.1987.tb00507.x/pdf, Diakses tanggal 2 Desember 2014).
Stiggins, R.J. 1994. Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan Publishing Company.
Sunarti. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013 (Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui
Article Metrics
Abstract view : 1359 times | PDF view : 921 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.