Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v5i2.32724
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(CDC), C. for D. C. and P. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).
(WHO), W. H. O. (2020). Coronavirus.
A’yun, Q., Sujiwo, D. A. C., & Hidayatullah, A. W. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Teknik Informatika. JUSTINDO (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 27. https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2420
Ali, W. (2020). Online and Remote Learning in Higher Education Institutes: A Necessity in light of COVID-19 Pandemic. Higher Education, 10(3).
Aritonang, A. (2020). Antisipasi Pandemi Covid-19, Tak Perlu Kurikulum Baru Pendidikan Tinggi.
Aryaningrum. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Xi Di Sma Negeri 9 Palembang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 10(2), 154-162.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro Vokasional, 5(2), 11-16.
Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287, 112934. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934
Crawford, J., Butler-Henderson, K., Rudolph, J., & Glowatz, M. (2020). COVID-19: 20 Countries’ Higher Education Intra-Period Digital Pedagogy Responses. Journal of Applied Teaching and Learning (JALT), 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37074/jalt.2020.3.1.7
Dasar, K., Jurnal, A., & Mata, P. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
Ferdiansyah, F., Ambiyar, A., Zagoto, M. M., & ... (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. … Bahasa, Sastra, Dan ….
Ghirardini, B. (2011). E-learning methodologies: A guide for designing and developing e-learning courses. In Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO). https://doi.org/I2516E/1/11.11
Hakim, S., Mulyani, M., Mazid, S., & Fitriana, R. (2020). Aktualisasi Kebinekaan Era New Normal di Lingkungan Pendidikan Tinggi. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(1), 32. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v1i1.2690
Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education.
Hoyle, R. (2002). The Benefits of E-Learning. British Journal of Perioperative Nursing (United Kingdom), 12(8), 298–299. https://doi.org/10.1177/175045890201200803
Huang, R. ., Liu, D. ., Guo, J., Yang, J. ., Zhao, J. ., Wei, X. ., Knyazeva, S., Li, M., Zhuang, R. ., Looi, C. ., & Chang, T. . (2020). Guidance on flexible learning during campus closures: Ensuring course quality of higher education in COVID-19 outbreak. Beijing Normal University.
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645
Indra Kartika Sari. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156-2163.
Islamiyah, M., & Widayanti, L. (2016). Efektifitas Pemanfaatan E-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(1), 41–46. https://doi.org/ISSN: 0852-730X
Kacetl, J., & Semradova, I. (2020). Reflection on blended learning and e-learning - case study. Procedia Computer Science, 176, 1322–1327. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.141
Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102.
Lilik Agustina, Rustiyarso, O. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sosiologi DI SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(5), 1-13.
Nisa, Choirun, L. (2012). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statistics Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah Iain Walisongo. Jurnal Phenomenon, 2(1), 7-27.
Pujiastutik, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E- learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan, 4(1), 12.
Romadhoni, E., Wiharna, O., Mubarak, I., & Indonesia, U. P. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 228–234. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21799
Rudi Haryadi, H. N. A. K. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 68-73.
Saputra, H. D., Setiawan, D., Muslim, M., & ... (2021). Pengaruh media e-learning terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. INVOTEK: Jurnal ….
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka cipta.
Sri Tomo, B. W. (2015). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus STMIK Sinar Nusantara Surakarta) Sri Tomo, Bebas Widada. 35-44.
Supriadi, D. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Metode Penelitian Mahasiswa Semester Genap Tahun 2018/2019. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Tinggi, D. P. (Kementerian P. dan K. (2020). Surat Dirjen Dikti Nomor : 302/E.E2/KR/2020 tentang Masa Belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan.
Wahab, R. (2020). Tantangan dan Kesempatan Pendidikan Era Covid-19.
Article Metrics
Abstract view : 401 times | PDF view : 48 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.