Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Masalah pada Materi Larutan Asam dan Basa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v5i2.32721
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, Putri, Mega dan Azizah, Utlya. (2016). Pengembangan LKS Berorientasi Problem Based Learning Untuk Melatihkan Creative Thinking Skill Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Unesa Journal of Chemistry Education, 5(2), 224-232.
Apriyanto, C., Yusnelti, Y., & Asrial, A. (2019). Pengembangan E-Lkpd Berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(1), 38-42. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i1.6843
Barniol, P., & Zayala, G. (2016). A Tutorial Worksheet to Help Students Develop the Ability to Interpret the Dot Product as a Projection. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Thecnology Education, 12(9), 2389.
Candra Apriyanto, Yusnelti dan Asrial. (2019). Pengembangan E-LKPD berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Volume 11. Jambi: PPs Univ Jambi.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2008). Panduang Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional, (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Dyah Putri Hutami., Yusman Wiyatmo., (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Gided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Kerjasama Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1).
Fadiawati, Noor., dan Fauzi, Mahfudz. (2016). Merancang Pembelajaran Kimia di Sekolah. Yokyakarta: Media Akademi.
Haling, A. (2007). Balajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jakarta: Proyek DIABERMUTU Program Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember.
Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Johnson, Elaine. (2007). Contextual Teaching Learning. Bandung: Nizen Learning Center.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemp, J. E, Dayton. (1985). Planing and Producing Instructional Media. Harper & Row, New york.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Lewis, Steve. (2004). Using ICT to Enhance Teaching and Learning in Chemistry. London: Royal Society of Chemistry.
Ngili, Ricky Arnold. (2016). Belajar Anywhere. Jakarta: Guepedia.
Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.
Meltzer, D.E. (2002). The Relationship between Mathematic Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics “Hidden Variable” in Diagnostic Pretes Scores. Am. J. Phys, 70(12), 1259-1268.
Miswadi, S. S., & Haryani, S. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Soft Skill Dan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan IPA indonesia. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Muhammad Danial, Muhammad Sawal, and Nurlaela. (2018). Development of Chemistry Instructional Tools and Its Effect on Critical Thinking Skills, Metacognition, and Concept Mastery of Students. Journal of Physics, Conference Series 1028 (June 2018): 012041, https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012041.
Parenta. (2020). Model Pembelajaran: Advance Organizer Collaboration. Gowa: Penerbit Aksara Timur.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Purba Michael, Aas Sadiah. (2017). Kimia Teknologi dan Rekayasa. Jakarta: Erlangga.
Ramadani, Elfira. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemamuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Peserta didik Berbantuan Geoboard. (Tesis). Medan, Universitas Negeri Medan.
Ridwan. (2008). Belajar, Minat, Motivasi, Prestasi Belajar. http://www.artikel.com/202/Belajar, minat, motivasi, prestasi belajar.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sry Astuti, Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, kuantitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Deveolpment/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Trianto, (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Article Metrics
Abstract view : 125 times | PDF view : 38 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.