Pengembangan e-LKPD Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Pokok Asam Basa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v5i1.26363
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Apriyanto, Candra., Yusnelti., dan Asrial. 2019. Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11 (1), 38-42.
Astuti, Sri., Danial, Muhammad., dan Muhammad Anwar. 2018. Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114.
Augustha, Aulia., Susilawati Susilawati., dan Sri Haryati. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam Untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28-42.
Branch, Robert M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Cahyadi, Ani. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang Baru : Laksita Indonesia.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Delaney, Stephanie. 2002. Electronic Legal Research. New York: Delmar Cengage Learning
Fadiawati, Noor., dan Fauzi, Mahfudz. 2016. Merancang Pembelajaran Kimia di Sekolah. Yokyakarta : Media Akademi.
Fajarini, Anindiya. 2018. Membongkar Rahasia Pengembangan Bahan Ajar IPS. Jember: Gema Press.
Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Yrama Widya
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Lestari, Dyah Dwi, dan Dyah Dwi Lestari. 2021. E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25-33.
Lestari, Novia. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Penerbit Lakeisha
Lewis, Steve. 2004. Using ICT to Enhance Teaching and Learning in Chemistry. London: Royal Society of Chemistry.
Martawijaya, M Agus. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Makassar: CV. Masagena.
Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English Gallery.
Mudlofir, Ali dan Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Nana. 2020. Pengembangan Bahan Ajar. Klaten: Lakaisha.
Ngili, Ricky Arnold. 2016. Belajar Anywhere. Jakarta: Guepedia.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.
Parenta. 2020. Model Pembelajaran : Advance Organizer Collaboration. Gowa: Penerbit Aksara Timur.
Prastowo, Andi. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rayanto, Yudi Hari dan Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan: Academic & Research Institue Publisher.
Rudhito, M Andy. 2020. Pendidikan yang Memerdekakan. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sadiman, Arief S., Rahardjo, R., Haryono, Anung., Rahardjito. 2005. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Sebayang, Sri Rosepda dan Turnip, Betty M. 2015. Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dan Pemahaman Konsep Awal Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 29-34.
Suharno. 2014. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung.Jurnal Humanity, 10(1), 147-157.
Stutman, Frank X., Woodfield, Joyce D., Schmuckler, Joseph S. 2008. The Science Quest : Using Inquiry/Discovery to Enhance Student Learning. San Fransisco: John Wiley & Sons Inc.
Tan, Thomas. 2017. Teching Is an Art. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Tim BPS Provinsi Sulsel. 2018. Statistik Penunjang Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Badan Pusat StatistiK Makassar-Sulsel.
Tim pengembang MKDPK Kurikulum dan Pembelajaran. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utami, Resi dan Pujiriyanto. 2019. Metacognition E-LKPD Development Using 3D Pageflip on Electrolyte and Non-Electrolyte Material. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 440(169-173).
Widodo, Chomsin S dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Elex Media Competindo.
Widoyoko, S. Eko Pitro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Westwood, Peter. 2008. Teachig Methods. Victoria: Acer Press.
Wijayama, Bayu. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bervisi SETS dengan Pendngkatan SAVI. Semarang: Qahar Punlisher.
Zahroh, Dwi Aulia. 2021. Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Jurnal BIOEDU, 10(3), 605-616.
Article Metrics
Abstract view : 998 times | PDF view : 286 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.