Pengaruh Media E-Learning Quipper School pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik

Fifi Selvianti H(1*), Taty Sulastry(2), Netti Herawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v5i1.26360

Abstract


The purpose of this study is to determine whether or not there is an influence of Quipper School e-learning media on a problem-based learning model to increase motivation and learning outcomes of students in grade X MIPA 1 at MAN Sidenreng Rappangin Chemical Bonding subject. This research is a quasi-experimental research, quantitative with experimental research methods. The design used in this study was a randomized pretest-posttest design. The data obtained were analyzed by employing descriptive and inferential statistical analysis by using SPSS version 15. From the data analysis, it is discovered that the average value of motivation and learning outcomes of the experimental class is greater than that of the control class. In addition, from testing the T test hypothesis, a significance value of 0.001 < 0.05 is obtained for motivation and 0.000 < 0.05 for learning outcomes, which means that motivation and group learning outcomes using the Quipper School e-learning media on the PBM model have an influence compared to the group without using the Quipper School e-learning media on the PBM model.

Full Text:

PDF

References


Astuti, I & Bhakti, Y. 2018. Interactive Learning Multimedia Based Microsoft Excel on the Temperature and Heat. Unnes Science Education Journal, 7(1).

Aswan, D. 2018. Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Quipper Schoolterhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Majene. Jakarta: UNJ

Dewi, I.M. 2013. Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Kimia. Skripsi tidak dipublikasikan. Singaraja: Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Pendidikan Ganesha.

Eggen & Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.

Hartawan, I. K. A. 2014. Pengembangan Portal E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMA Dwijendra Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 2(1).

Ishafit & Setyawan H. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Elektronik Quipper School Menggunakan Metode CTL untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Konsep Getaran Gelombang Bunyi. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX. Yogyakarta.

Keziah, A. 2010. A Comparative study of problem-based and lecturebased learning in secondary school students’motivation to learn science. International Journal of Science and Technology Education Research, 1(6), 126-131.

Prasetyo, Yogo D. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. (5), 252-258.

Rahmatia, Maya. 2017. Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah dasar FKIP Unsyiah, 2(1).

Russell, J. B. (2001, 04 02). What is Chemistry. Retrieved 08 14, 2019, from chemweb: http://chemweb.ucc.ie/what_is_chemistry.htm

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Persada Media.

Saraswati, L.C., Sugihartini, N., & Pradyana, M. A. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Quipper SchoolTerhadap Hasil Belajar Lintas Minat Biologi Pada Siswa Kelas X Bahasa Semester Genap di SMA Negeri 1 Sawan. Jurnal KARMAPATI, 7(3).

Seribulan, M. 2014. Pengembangan pembelajaran berbasis web (E-Learning) pada mata kuliah biologi umum. Blosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 1-9.

Shabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Sindu, Partha. 2013. Pengaruh Model E-Learning Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar KKPI Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendiidkan Ganesha, 3.

Suarsana, I. M. 2013. Pengembangan E-modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).

Sudarsana, I. K. 2016. Pemikiran Tokoh Pendidikan dalam Buku Lifelong Learning: Policies, Practices, and Programs (Prespektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44-53.

Sudiatmika, I Made. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional MIPA, 1, 172-178.

Sunyono, I. W. 2009. Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Provinsi Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 9-18.

Surahmadi, B. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Berbasis Quipper School untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Temanggung. Unnes Science Education Journal, 5(1).

Trisnaningsih, S. 2016. Pengembangan Learning Management System Quipper School pada Pembelajaran Materi Sistem Pertahanan Tubuh untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(6).

Wifki, A. 2016. Penerapan Media Interaktif Berbasis Quipper School

dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN Di SMP N 2 Kudus. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Zakia, Auva Rusyda. 2019. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Sosial E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Mennegah pada Sistem Pencernaan. JPBIO Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Zuhudy B, Ahmad. 2019. Keefektifan Media Quipper School terhadap Motivasi dan Hasil belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMAN 1 Marioriwawo. Jurnal Pendidikan Biologi,7(1).


Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER UNM Indexed by:

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.