Review: Handout Digital pada Masa Pandemi dalam Pembelajaran Kimia
(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v4i2.19990
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelila S, S., Jasmidi, J., Kembaren, A., & Sudrajat, A. (2018). The Development Of Handout Based On Guided Note Taking To Improve The Quality Of Analitycal Chemistry Learning People. International Journal of Social Sciences. 4(3), 720-734.
Adhia, H. (2017). Studi Penggunaan Handout dalam Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Artikulasi terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran (Ap) SMKN 1 Kota Solok. Lemma. 4(1).
Aini, E. P., Masyur, R., & Komaruddin. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Matematika. 1(1), 73-79.
Ariyanti, D., Utomo, S. B., & Mulyani, B. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Berbantuan Handout Dan Eksperimen Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gondangrejo. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. 5(4), 91-97.
Azizah, H. P., Utami, B., & Haryono. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Assisted Individualized (Tai) Dilengkapi Handout Berbasis Model Latihan Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrolisis Kelas XI IPA Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. 6(1), 31-38.
Cahyanto, M. A. S., Utomo, S. B., & Yamtinah, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving (Cps) Dilengkapi Handout Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Materi Termokimia Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA N 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. 4(5), 43-50.
Devangga, P. A. P., & Norida C. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Handout Digital Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 12(1), 15-28.
Elizabeth M. S., & Ceff, J. (2015). REVIEW Note-taking and Handouts in The Digital Age. American Journal of Pharmaceutical Education. 79(7), 07.
Erlinda, N. (2016). The Application of Inquiry Learning Methods with Handout: Impact on Student Learning Outcomes on Physics at SMAN 1 Batang Anai Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 5(2), 225-233.
Farida, I., Risa, R., Riri, A., & Imelda, H. (2020). Pembelajaran Kimia Sistem Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Generasi Z. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. 1-11.
Fatma, Holiwarni, B., & Susilawati. (2016). Pengembangan Handout Bermuatan Kecerdasan Komprehensif untuk Materi Laju Reaksi pada Kelas XI SMA. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2(3), 1-11.
Fontana, T. M. (2020). Gamification of ChemDraw during the COVID-19 Pandemic: Investigating How a Serious, Educational-Game Tournament (Molecule Madness) Impacts Student Wellness and Organic Chemistry Skills while Distance Learning. J. Chem. Educ. 97(9), 3358–3368.
Gulo, N., Maulina, J., & Pohan, L. A. (2018). Penerapan Learning Start with a Question Menggunakan Media Handout dan Peta Konsep pada Materi Hidrolisis Garam di SMA PRAYATNA Medan. Journal of Chemistry, Education, and Science. 2(1), 22-35.
Habibati, H., Nazar, M., & Septiani, P. D. (2019). Pengembangan Handout Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA). 1(3), 36-41.
Haji, A. G., Safriana, & Safitri, R,. (2015). The Use of Problem Based Learning to Increase Students' Learning Independent and to Investigate Students' Concept Understanding on Rotational Dynamic at Students of SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 4(1), 67-72.
Hasanah, U., Gummah, S., & Herayanti, L. (2018). Perbedaan Hasil Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Handout Berbasis Pemecahan Masalah. Prisma Sains. 6(9), 38-45.
Hia, E. D. S. P., Maulina, J., & Pohan, L. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Llearning Menggunakan Handout dan Modul pada Materi Stoikiometri Larutan di SMA Nurul Amaliyah Deli Serdang. Journal of Chemistry, Education, and Science. 1(2), 1-13.
Humaira, H., Saputro, S., & Setyowati, W. A. E. (2019). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Handout terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(8), 299-305.
Islamic, A. R., Soekardjo, J. S., & Nurhayati, N.D. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi Handout untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Interaksi Sosial Siswa pada Materi Pokok Tata Nama Senyawa Kimia dan Persmn Reaksi Kimia Kelas X SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2(5), 68-74.
Korniawati, A., Kusumo, E., & Susilaningsih, E. (2016). Validitas Chemistry Handout Sebagai Inovasi Bahan Ajar Stoikiometri Berstrategi PBS Bervisi Sets. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 1(10), 1629-1640.
Luqman, M., Utami, B., & Ashadi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Disertai Handout Untuk Meningkatkan Motivasi, Keaktifan, Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 4 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. 5(4), 26-33.
Muliawati, E. D., Saputro, S., & Raharjo, S. B. (2016). Pengembangan Handout Berbasis Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pembuatan Etanol Skala Laboratorium SMK Kimia Industri. Journal Inkuiri. 1(5), 37-44.
Pane, P., & Muhammad, D. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3(2).
Prilini, Desi F., Salam, U., & Wardah. (2017). Developing Pop Up Handouts AS Reading Materials In Teaching Narrative Text. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. 6(2).
Pujiastuti, D., Ashadi, & Mulyani, S. (2018). Pengembangan Handout Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Media Grafis pada Materi Ikatan Kimia MA. FKIP e-PROCEEDING. 1(3), 305-311.
Purba, D. N., Damanik, M., Silaban, S., & Simatupang, L. (2018). The difference of student’s activities and learning outcome with problem based learning using macromedia flash and handout. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(10), 403-408.
Rinaningsih. 2019. Pengembangan Model Perkuliahan Sorogan-Bandongan dalam Kimia Organik dan Dampaknya Pada Penguasaan Konsep, Tanggung Jawab, Kemandirian, dan Keterbukaan. Disertasi tidak dipublikasikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rodney A. T., & Swapnil L. S. (2020). An International Perspective: Teaching Chemistry and Engaging Students Daring the COVID-19 Pandemic. J. Chem. Educ. 97(9), 3318-3321.
Santoso, F. L. (2017). Keefektifan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Berbasis Metode Pictorial Riddle pada Materi Zat dan Karakteristiknya. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains. 5(3).
Sari, S. A., Jasmidi, Kembaren, A., & Sudrajat, A. (2018). The Impacts of Chemopoly-Edutainment to Learning Activities and Responses. Journal of Education and Learning. 12(2), 311-318.
Shofwunnada, Nirwana, R. R., & Hakim, F. (2018). The Development of Chemistry Handout Based On Unity Of Scienes Principles for the Chapter of Acid and Base Materials. Unnes Science Education Journal. 7(1), 69-75.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: alfabeta.
Sulatri, S., Nazar, M., Adiska, D. N. (2018). Pengembangan Hand-Out Konsep Larutan Berintegrasi Nilai Religi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA Pada Pondok Pesantren Terpadu. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education). 2(6), 95-100.
Sunarti, S. (2017). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Hand Out dan Peta Konsep untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Prisma Sains. 5(1), 8-14.
Sunasee, R. (2020). Challenges of Teaching Organic Chemistry during COVID-19 Pandemic at a Primarily Undergraduate Institution. J. Chem. Educ. 97(9), 3176-3181.
Syafriani, D., & Sisca J. (2019). Perbedaan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Media Handout Dan Power Point Pada Materi Larutan Penyangga. SEJ (School Education Journal). 9(3), 248-256.
Syahrowardi, S., & Permana, A. H. (2016). Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 2(1), 89-96.
Ulya, R., Sari, S. A., & Ismayani, A. (2016). Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Koloid Kelas XI MAN Banda Aceh 1Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK). 4(1), 115-124.
Wati, L., & Yuni F. (2017). Desain Bahan Ajar Berupa Handout Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon. Jurnal Konfigurasi. 2(1), 219-224.
Wati, M. (2015). Rancangan Hand Out Berbasis Peta Konseppada Materi Alat Indera Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal BioConcetta. 1(1), 32-44.
Winangun, I M. A., & STAHN M. K. Singaraja. (2020). Perspektif Mahasiswa Terhadap Pengelolaan Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covic-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(1), 19-27.
Winarti, T., Masriani, & Hadi, L. (2017). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. 6(9).
Yulia, S. R, & Ramli. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Handout Berbasis STEM Terhadap Pembelajaran Fisika dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 5(1), 42-48.
Article Metrics
Abstract view : 737 times | PDF view : 262 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.