Pengembangan Teknik Cerdas Cermat Kimia Berbasis HOTS dalam Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v4i2.15183
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fauzan, M. N., Resdiana, W., & Hamidin, D. (2017). Aplikasi Cerdas Cermat Online Real Time untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika, 14(1), 22-27.
Harahap, D. F. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran TGT Dibandingkan dengan TSTS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa. Science & Technology (ST), 1(3), 1-6.
Mujib, & Rasyid, M. F. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Kimia. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Surabaya: UNESA.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud. (2018). Nilai Ujian Nasional. Jakarta: Puspendik Balitbang Kemdikbud.
Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.
Silva, W. F., Fonseca Mendoza, A. L., & Chiquillo-Rodelo, J. (2018). Statistical Significance Between Student Motivation, Traditional Teaching and Problem-Based Learning Strategy. Contemporary Engineering Sciences, 11(84), 4179-4186.
Wahyuningtyas, S., & Saputra, W. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, LPPM Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 2.
Article Metrics
Abstract view : 370 times | PDF view : 78 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.