Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13769
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Apta.
Corebima, A. D. 2005. Pengukuran Kemampuan Berpikir pada Pembelajaran Biologi. Makalah Disajikan dalam Seminar Dies Ke-41 Universitas Negeri Yogyakarta: Hasil Penelitian tentang Evaluasi Hasil Belajar Serta Pengelolaannya.
Emilya, D. 2010. Pengembangan Soal-Soal Open Ended Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8-18.
Ennis, R. H. 1993. Critical Thinking Assessment. Journal Theory Into Practice, 32(3), 179-186.
Jihad, A., & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mabruroh, F., & Suhandi, A. 2017. Construction Of Critical Thinking Skills Test Instrument Related The Concept On Sound Wave. Journal of Physics: Conference Series, 812(1), 012-056.
Mardapi, D. 2012. Pengukuran Penilaian Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Muyassaroh, L. 2013. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Open Ended pada Materi Listrik Dinamis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Tidak Diterbitkan.
Redhana, I. W. & Liliasari. 2008. Program Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis pada Topik Laju Reaksi untuk Siswa SMA. Jurnal Forum Kependidikan, 27(2), 103-112.
Sudijono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutama, I. N., Arnyana, I. B. P., & Swasta, I. B. J. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah pada Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi IPA, 4(1), 1-14.
Article Metrics
Abstract view : 708 times | PDF view : 200 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.