Pengaruh Praktikum Berbasis Bahan Alam melalui Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13765
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharuddin & Wahyuni, E. N. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar Ruzz Media.
Bakar, R. 2014. The Effect Of Learning Motivation on Student’s Productive Competencies in Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732.
Basdarmiah, B. 2016. Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Takalar. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Fakhrurrazie, F., Hairida, & Hadi, L. 2016. Pengaruh Pembelajaran Metode Praktikum pada Materi Laju Reaksi terhadap Hasil Belajar Siswa MAN Mempawah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(3), 1-9.
Fitrian, S. M. S., Fadiawati, N., & Tania, L. 2014. Pengembangan Prosedur Praktikum Pengaruh Katalis terhadap Laju Reaksi Berbasis Green Chemistry. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia (JPPK), 3(3), 1-13.
Freedman, M. P. 1997. Relationship Among Laboratory Instruction, Attitude Toward Science, and Achievement in Science Knowledge. Jurnal of Research in Science Teaching (JRST), 34(4), 343-357.
Hadi, K. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Lembar Kegiatan Siswa (LKS) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(1), 32-40.
Hanafiah, N. & Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Haryani, S. & Prasetya, A. T. 2014. Developing Metacognition of Teacher Candidates By Implementing Problem-Based Learning Within The Area of Analytical Chemistry. Journal of Science and Research, 3(6), 1223-1229.
Nuryanti, Y. 2011. Asesmen Pendidikan IPA. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Poedjiadi, A. 2005. Pendidikan Sains dan Pembangunan Moral Bangsa. Bandung: Yayasan Cendrawasih.
Rusiani, A. F. & Lazulva. 2017. Pengembangan Penuntun Praktikum Titrasi Asam Basa Menggunakan Indikator Alami Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Tadris Kimiya (JTK), 2(2), 159-168.
Santrock, J. W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman, A. M. 2000. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syafi’I, A., Handayani, L., & Khanafiyah, S. 2014. Penerapan Qustion Based Discovery Learning pada Kegiatan Laboratorium Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 10-17.
Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. 2015. Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, 16(1), 8-16.
Article Metrics
Abstract view : 267 times | PDF view : 48 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.