Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v3i1.11745
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dahar, R. W. 2006. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Eka, N., Wayan, K., & Nyoman, S. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia dengan Setting Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Kimia Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, 5.
Eka, S., Syamsurizal., & Asrial. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains, 5(2).
Ennis, R. H. 1985. Goals for A Critical Thinking Curriculum. In A. L. Costa (Ed.) Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking Virginia. Assosiation Supervision and Curriculum Development (ASCD).
Ennis, R. H. 1996. Critical Thinking. United States of Amerika: Univercity of Illians.
Fanny, S. P., Wayan, S. I., & Wayan, K. I. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia yang Menerapkan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Redoks. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA. 5.
Fitriani. 2015. Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 16(1), 88-93.
Pranata, G. M., Ashadi., & Indriyant, N. Y. 2017. Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Problem-Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid SMA Kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Sains. Universitas Sebelas Maret.
Rahmat. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Model Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Pokok Laju Reaksi untuk Siswa Kelas XI SMA. Tesis. Universitas Negeri Makassar.
Raimi, S. M., & Adeoye, F. A. 2011. Problem Based Learning Strategy and Quantitative Ability in Collage of Education Student’s Learning of Integrated Science. Ilourin Journal of Education, 1, 1-11.
Saputera, Z. A. H., Yuanita, L., & Ibrahim, M. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Inkuiri untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1218-1223.
Suryati & Hatimah, H. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Kimia Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen”, 3(1).
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana Univercity.
Article Metrics
Abstract view : 232 times | PDF view : 21 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.