Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v3i1.11744
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2014. Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Amanda, N. W. Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pelajaran IPA ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Journal pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4.
Ari, A. 2011. Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Perubahan Kimia dan Fisika Di Kelas VII SMP. Jurnal Kimia dan Pendidian Kimia (JKPK), 3(5).
Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Grafura, L., & Wijayanti, A. 2014. Strategi Implememntasi Pendidikan di Jenjang SMK. Jakarta: Prestasi Pestakarya.
Hair, Jr., & Joseph, FF. 1995. Multivariate Data Analysis With Reading, Fourth Edition. Prentice Hall. New Jersey.
Hasrida. 2017. Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perubahan Kimia dan Fisika Di Kelas VII SMP. Jurnal Kimia dan Pendidian Kimia (JKPK), 3(5).
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Deka Press.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningish, E. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Melalui PBL. Journal of Primary Education (JPE), 6(1).
Prastyowati, E. N., & Suyatno. 2016. Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Kimia dan Pendidian Kimia (JKPK), 1(1).
Rusmayani. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 18 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan.
Rusminiati, N. 2015. Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Antara Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, 5.
Sastrika, I. A. K. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3.
Sardiman. 2001. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Syah, M. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Uno, H. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis dibidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widoyoko, S. E. P. 2015. Teknik penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wirtha, M. I., & Rapi, N. K. 2008. Jurnal Penelitan dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 15.
Article Metrics
Abstract view : 705 times | PDF view : 157 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.