Pengaruh Model Pembelajaran dan Kesadaran Metakognisi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v3i1.10440
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akdon & Riduwan. 2008. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajmen. Bandung: Dewi Ruci.
Amir, T. 2009. Inovasi Pendidikan Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Arikunto & Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri, A. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada Perkuliahan Fisiologi Hewan Terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Blackey, Elaine, Spance, & Sheila. 2008. Developing Metacognition, (online), http://www.literacy.Kent.edu/ohioeff/resource.doc, Diakses 15 April 2018.
Fitriana, M., & Haryani, S. 2016. Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10 No 1 Hal 1702-1711.
Ghazali, & Imam. 2006. Statistika Nonparametrik. Semarang: badan penerbit UNDIP.
Handayani, L., Sarwi., & Praptiwi, L. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Eksperimen nkuiri Terbimbing Berbantuan My Own Dictionary untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan untuk Kerja Siswa SMP RSBI. Journal Education. 1(2).
Haryani. 2012. Membangun Metakognisi dan Karakter Calon Guru Melalui Pembelajaran Praktikum Kimia Analitik Berbasis Masalah. Unnes Pres.
Kadir. 2009. Meningkatkan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Asesmen Kinerja Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 7 Nomor 3 Halaman 88-108.
Linanti, A. T., Anwar, Y., & Santoso, L. M. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 19 Palembang Pada Materi Sistem Eksresi.
Maryam. R. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kesadaran Metakognisi terhadap Hasil Belajar Kognitif (studi pada mata pelajaran kimia kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sigeri dan Negeri 1 Rantepao), Tesis Pendidikan Kimia. Universitas Negeri Makassar.
Santoso, Singgih. 2008. Statistik Non Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komoutindo.
Sumarni, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan). Jurnal Nalar Pendidikan, Vol 5, Hal 21-30.
Suryanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha ilmu.
Tamsyani, W. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kesadaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Dalam Materi Pokok Asam Basa. Journal Of EST, Vol 2, Hal. 10-25.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Article Metrics
Abstract view : 293 times | PDF view : 47 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.