Perbandingan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Direct Instruction
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v3i1.10421
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, W. L., & Krathwohl R. D. 2010. Pembelajaran, Pengajaran, dan Asessmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ekawati, Y. 2017. Pembelajaran Fisika Melalui Discovery Learning Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Siswa SMK Kelas X Pada Materi Sifat Mekanik Bahan. Jurnal Inkuiri. Vol. 6(3): 17-28.
Fakhrah., Muhibbuddin., Sarong., & Ali. 2014. Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Materi Pengklasifikasian Phylum Arthopoda Melalui Model Pembelajaran Langsung (direct instruction). Jurnal Biotik. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Vol. 2(2): 77-137.
Fathurrahman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fathiah, A. 2014. Hubungan Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Treffinger pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal EDUSAINS. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Vol. 4(1): 92-96.
Fuad, I. 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Haling, A., Parumbuan, MT., Pattaufi., Arsal, N. H., Arnidah., & Pebrianti, F. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Istiana, G. A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Universitas Sebelas Maret: Program Studi Pendidikan Kimia Vol. 4(2): 65-73.
Kemendikbud. 2013. Model Pengembangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.
Kennedy, M. 1991. Critical Thinking: Literature review and nedded research. In L. Idol & B. F. Jones (Eds), educational values and cognitive instruction: Implication for reform. Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erlbaum & Associates.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Marzano, R. J., Brandt, R. S., Hughcs, S. S., Jones, B., Pressein, B. Z., & Rankin, S. 1988. Dimention of Thingking. Virginia: Association for Supervision and curriculum Development.
Nugrahaeni, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. UNDIKSHA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol. 1(1): 23-29.
Putrayasa, I. M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha .Vol. 2 (1): 78-83.
Sabri, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Padang: PT. Ciputat.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Situmorang, R. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD dengan Menggunakan LKD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Kelas VII SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN. Vol. 1(1): 64-72.
Sulistyowati, N. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry in Education. ISSN NO 2252-6609.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Walson, G., & Glaser, E. M. 2980. Watson Gleser Critical Thinking Appraisal Manual. San Antonio: TX: Psychologid Corporation.
Widiadnyana., Sadia., & Suastra. 2014. Pengaruh Model discovery learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4(3): 167-178.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. 2013. Metodologi Pembelajaran IPA. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.
Wulandari, A. E., & Darminto, B. P. 2010. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ekuivalen. Universitas Muhammadiyah Purworejo: Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 8(3): 152-159.
Article Metrics
Abstract view : 535 times | PDF view : 98 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.