Penerapan Model Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 3 SMAN 1 Soppeng 2021/2022

Andi Nur Rahima(1*), Muh. Rasyid Ridha(2), Patahuddin Patahuddin(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI MIA 3 di SMAN 1 Soppeng.Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti melakukan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Sejarah siswa Kelas XI MIA 3 SMAN 1 Soppeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran discovery learning, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kondisi awal memperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis sebesar 64 dengan persentase jumlah siswa yang minimal cukup kritis 41,17%. Kemudian peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kondisi akhir memperoleh nilai rata- rata kemampuan berpikir kritis sebesar 72,70 dengan persentase jumlah siswa yang minimal cukup kritis 100%. Sedangkan, peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari kondisi awal nilai rata-rata sebesar 77,35 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas 64,70%. Pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 78,82 persentase jumlah siswa yang tuntas 76,47%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 88,52  persentase jumlah siswa yang tuntas 100%.


Keywords


Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agung, Leo. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Longman.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borthick, A F. & Donald R. J. 2000. The Motivation for Collaborative Discovery Learning Online and Its Application in an Information Systems Assurance Course. Issues in Accounting Education 15, no. 2. 181–210.

Budiarti, Y. F., Bahri, B., & Ansyar, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa SMPN 36 Bandar Lampung. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(2), 387–392.

Castronova, Joyce A. 2002. Discovery Learning for the 21st Century: What Is It and How Does It Compare to Traditional Learning in Effectiveness in the 21st Century. Action Research Exchange 1, no. 1. 1–12.

Dimyati, Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran.. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati. 2018. Implementasi Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Siswa Kelas X IPS SMA 1 Muaro Jambi. Skripsi: Universitas Jambi.

Faiz, Fahrudin. 2012. Thinking Skill (Pengantar Menuju Berpikir Kritis). Yogyakarta: Suka Press UIN Sunan Kalijaga.Sejarah Materi Sumber Sejarah

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga 4.

Hassoubah, Zaleha Izhab. 2004. Developing Creative & Critical Thinking Skills. Bandung: Nuansa.

Heryawanti, E. P., Bahri, B., & Ansyar, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMP D-Baito Sunan Plumbon Tembarak Kab. Temanggung Jawa Tengah. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(1), 358–365.

Ibrahim, Muslimin. 2008. Kecakapan Hidup: Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan 1, no. 2. 17–19.

Ismah, & Venni Herli Sundi. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Labschool FIP UMJ.

FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 4, no. 2. 161–69.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK Sejarah Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusuma, S. P., & Tati, A. D. (n.d.). Narasi Pancasila dan Tujuan Pendidikan Nasional dalam Sejarah Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. PATTINGALLOANG, 8(1), 11–20.

Masruroh, Luluk. 2019. Penerapan Model Discovery dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Sidoarjo. Jurnal Artefak 5, no. 1. 9–18.

Mulyasa, Enco. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Risanty, Rita D. & A. Sopiyan. 2017. Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT-UMJ) dengan Metode Polling. Prosiding SEMNASTEK, no.045. 3.Sudjana, Nana. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sebayang, S. R. & B. M Turnip. 2015. Analysis Learning Model of Discovery and Understanding the Concept Preliminary to Physics Learning Outcomes SMA. Jurnal Pendidikan Fisika 4, no. 2. 29–34.

Subakti, Y R. 2010. Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Jurnal SPPS 24, no. 1. 31–53.

Surya, Mohamad. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Tati, A. D. R., & Bahri, B. (2019). The Effect of Classroom Management on Student Learning Motivation in Social Science Subject in Fourth Grade of Telkom Elementary School of Rappocini District of Makassar.

Tati, A. D. R., Rohana, R., Said, M., Ahmad, W. K., Bahri, B., & Fatmawati, S. (2019). Influence of Inquiry Method with Library Utilization of Social Studies Learning Outcomes.


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Nur Rahima, Muh. Rasyid Ridha, Patahuddin Patahuddin

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.