SMA Negeri 9 Luwu Tahun 2004-2019

Irma Irma(1*), Patahuddin Patahuddin(2), Amirullah Amirullah(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian dan penulisan ini bertujuan untuk mengetahui proses berdirinya SMA Negeri 9 Luwu,perkembangan SMA Negeri 9 Luwu dari tahun 2004-2019, serta dampak keberadaan SMA Ngeri 9 Luwu terhadapa masyarakat kecamatan Walenrang Utara kabupaten Luwu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri atas empat tahapan yaitu: heuristik (pengumpulan data atau sumber), kritik sumber yang terdiri dari kritik intern dan ekstern, interpretasi atau penafsiran sumber dan historiografi yaitu penulisan sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang keberadaan SMA Negeri 9 Luwu yang dilatar belakangi oleh desakan kebutuhan masyarakat sekitar khususnya masyarakat kecamatan Walenrang Utara. dan adanya tawuran tawuran yang terjadi antara beberapa desa yang ada di Walmas, kemudian diambil inisiatif untuk mendirikan salah satu sekolah yang ada di Kecamatan Walenrang Utara untuk  terpisah dari SMA Negeri 1 Walenrang. Beberapa pramakarsa yang betul-betul berjuang akhirnya berdirilah sekolah SMA Bosso yang pernah berdiri di SMA Ngeri 1 Walenrang dan pada tahun 2004 mulai menamatkan siswa tetapi ijazah pada saat itu masila vilial SMA Negeri 1 Walenrang.  Kemudian pada tahun 2005 definitiflah menjadi SMA Negeri Bosso. Selanjutnya pada tahun 2017 resmi berubah  nama menjadi SMA Negeri 9 Luwu. Selama SMA Negeri 9 Luwu dari tahun ke tahun telah mengalami  banyak perkembangan dari segala aspek baik dari segi akademik maupun non akademik.  Perkembangan SMA Negeri 9 Luwu memiliki perkembangan mulai dari kepemimpinan, peserta didik, Tenaga Pengajar dan Tenaga kependidikan  dan sarana dan Prasarana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan  keberadaan SMA Negeri 9 Luwu telah mampu menumbuhkan kesadaran dan pengertian tentang pentingnya pendidikan bagi semua warga masyarakat luwu terutama pada masyarakat sekitar dan dapat membantu  masyarakat sekitar  dalam hal untuk menyekolahkan anak- anak mereka untuk melanjutkan pendidikan yang pada umumnya  sekolah jauh dari wilayah mereka  yang menempuh perjalanan sekian Km untuk melanjutkan pendidikan. Dengan keberadaan SMA Negeri 9 Luwu  ini dapat memberi peluang bagi masyarakat sekitar dalam hal mendapatkan pendidikan  yang lebih baik  khusuunya dalam jenjang pendidkan tingkat SMA.


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2019, Desember Ahad). Wawancara. (Irma, Interviewer)

Bahri, B. (2015). Kurikulum Pendidikan Sejarah di Amerika Serikat. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(1), 70–81.

Hariati, H., & Syukur, M. (2019). Minat Masyarakat Melanjutkan Perguruan Tinggi Desa Gareccing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Jurnal Sosialisasi, 30–35.

Syukur, M. (2019). Hegemonic Practices of Upperclassmen to Freshmen within College Life. Society, 7(2), 71–82.

Haenun. (2020, Oktober Rabu). Wawancara. (Irma, Interviewer)

Haenun. (2020, Oktober Rabu). Wawancara. (Irma, Interviewer)

Intang, N. (2007). Perkembangan SMA Negeri I Pare- pare. Pare-Pare: SMA Negeri I Pare- pare.

Nurhayani. (2020, Oktober Rabu). Wawancara. (Irma, Interviewer)

Rahayu. (2020, Oktober Rabu). Wawancara. (Irma, Interviewer)

Sritimuryati. (2017). Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora . Pangadereng, 98.

Tirtahardja, U. (2010). Pengantar Pendidikan. jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 156 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Irma Irma, Patahuddin Patahuddin, Amirullah Amirullah

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.