SMA Negeri 9 Luwu Tahun 2004-2019
(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian dan penulisan ini bertujuan untuk mengetahui proses berdirinya SMA Negeri 9 Luwu,perkembangan SMA Negeri 9 Luwu dari tahun 2004-2019, serta dampak keberadaan SMA Ngeri 9 Luwu terhadapa masyarakat kecamatan Walenrang Utara kabupaten Luwu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri atas empat tahapan yaitu: heuristik (pengumpulan data atau sumber), kritik sumber yang terdiri dari kritik intern dan ekstern, interpretasi atau penafsiran sumber dan historiografi yaitu penulisan sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang keberadaan SMA Negeri 9 Luwu yang dilatar belakangi oleh desakan kebutuhan masyarakat sekitar khususnya masyarakat kecamatan Walenrang Utara. dan adanya tawuran tawuran yang terjadi antara beberapa desa yang ada di Walmas, kemudian diambil inisiatif untuk mendirikan salah satu sekolah yang ada di Kecamatan Walenrang Utara untuk terpisah dari SMA Negeri 1 Walenrang. Beberapa pramakarsa yang betul-betul berjuang akhirnya berdirilah sekolah SMA Bosso yang pernah berdiri di SMA Ngeri 1 Walenrang dan pada tahun 2004 mulai menamatkan siswa tetapi ijazah pada saat itu masila vilial SMA Negeri 1 Walenrang. Kemudian pada tahun 2005 definitiflah menjadi SMA Negeri Bosso. Selanjutnya pada tahun 2017 resmi berubah nama menjadi SMA Negeri 9 Luwu. Selama SMA Negeri 9 Luwu dari tahun ke tahun telah mengalami banyak perkembangan dari segala aspek baik dari segi akademik maupun non akademik. Perkembangan SMA Negeri 9 Luwu memiliki perkembangan mulai dari kepemimpinan, peserta didik, Tenaga Pengajar dan Tenaga kependidikan dan sarana dan Prasarana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan keberadaan SMA Negeri 9 Luwu telah mampu menumbuhkan kesadaran dan pengertian tentang pentingnya pendidikan bagi semua warga masyarakat luwu terutama pada masyarakat sekitar dan dapat membantu masyarakat sekitar dalam hal untuk menyekolahkan anak- anak mereka untuk melanjutkan pendidikan yang pada umumnya sekolah jauh dari wilayah mereka yang menempuh perjalanan sekian Km untuk melanjutkan pendidikan. Dengan keberadaan SMA Negeri 9 Luwu ini dapat memberi peluang bagi masyarakat sekitar dalam hal mendapatkan pendidikan yang lebih baik khusuunya dalam jenjang pendidkan tingkat SMA.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. (2019, Desember Ahad). Wawancara. (Irma, Interviewer)
Bahri, B. (2015). Kurikulum Pendidikan Sejarah di Amerika Serikat. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(1), 70–81.
Hariati, H., & Syukur, M. (2019). Minat Masyarakat Melanjutkan Perguruan Tinggi Desa Gareccing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Jurnal Sosialisasi, 30–35.
Syukur, M. (2019). Hegemonic Practices of Upperclassmen to Freshmen within College Life. Society, 7(2), 71–82.
Haenun. (2020, Oktober Rabu). Wawancara. (Irma, Interviewer)
Haenun. (2020, Oktober Rabu). Wawancara. (Irma, Interviewer)
Intang, N. (2007). Perkembangan SMA Negeri I Pare- pare. Pare-Pare: SMA Negeri I Pare- pare.
Nurhayani. (2020, Oktober Rabu). Wawancara. (Irma, Interviewer)
Rahayu. (2020, Oktober Rabu). Wawancara. (Irma, Interviewer)
Sritimuryati. (2017). Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora . Pangadereng, 98.
Tirtahardja, U. (2010). Pengantar Pendidikan. jakarta: Rineka Cipta.
Article Metrics
Abstract view : 156 times | PDF view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Irma Irma, Patahuddin Patahuddin, Amirullah Amirullah
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
PUBLISHED BY :
Prodi Pendidikan Sejarah
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar
Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id
Attoriolong INDEXED BY
LICENSED BY :
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.