EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Nirfayanti Nirfayanti(1*), Dedy Setyawan(2),

(1) Universitas Muslim Maros
(2) Universitas Muslim Maros
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran program linear berbantuan geogebra terhadap hasil belajar mahasiswa FKIP Universitas Muslim Maros yang ditinjau dari 3 aspek yaitu hasil belajar mahasiswa, aktivitas mahasiswa, dan respons mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian mahasiswa FKIP Universitas Muslim Maros yang sedang menempuh mata kuliah program linear pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek pada penelitian ini berjumlah 23 orang yang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan maka peneliti menggunakan metode tes berupa tes hasil belajar dan metode non tes yang berupa dokumentasi, angket dan lembar observasi. Selanjutnya, data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran program linear berbantuan geogebra terhadap hasil belajar mahasiswa FKIP Universitas Muslim Maros  dikatakan efektif. Hal ini dapat diamati dari nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa setelah diberi perlakuan sebesar 88,51 berada pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan hasil belajarnya sebesar 95,65%. Selain itu, keefektifan dapat dilihat dari lembar observasi aktivitas dan respons mahasiswa yang menggunakan software geogebra dalam pembelajaran program linier. Dari lembar observasi tampak bahwa mahasiswa antusias mengikuti kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan software geogebra yakni rata-rata persentase aktivitas mahasiswa dari 5 kategori aktivitas yang diamati mencapai 100%. Dari hasil respons mahasiswa juga menunjukkan persentase nilai respons mahasiswa berada pada kategori baik atau sangat baik yakni mencapai 100%.

 

Kata Kunci: Program Linear, Geogebra, Keefektifan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nirfayanti Nirfayanti, Dedy Setyawan

Abstracted/Indexed by:

 

 

Prosiding Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika (VARIANSI) is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)