PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA MAKASSAR

Natalia Puspita Wulandari(1*), Muhammad Arif Tiro(2), Wahidah Sanusi(3),

(1) Mathematics Education Postgraduate Program, Universitas Negeri Makassar
(2) Mathematics Education Postgraduate Program, Universitas Negeri Makassar
(3) Mathematics Education Postgraduate Program, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ex-post facto ini bertujuan mempelajari pengaruh kecerdasan interpersonal dan kemampuan berpikir kritis kepada hasil belajar dan sikap pada matematika secara langsung dan tidak langsung melalui efikasi diri (self-efficacy) siswa kelas VIII di SMP Negeri di Kota Makassar tahun akademik 2017/1018. Populasi penelitian sebanyak 12,330 siswa dengan sampel dipilih dengan teknik equal cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah (1) skala kecerdasan interpersonal, (2) tes kemampuan berpikir kritis, (3) skala efikasi diri, (4) tes hasil belajar matematika, dan (5) skala sikap terhadap matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan Structural Equation Modeling (SEM) dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) sebagian besar siswa terakreditasi A memiliki kecerdasan interpersonal dalam kategori sangat tinggi, efikasi diri dalam kategori tinggi, kemampuan berpikir kritis dalam kategori yang wajar, hasil belajar matematika dalam kategori cukup, dan sikap terhadap matematika dalam kategori tinggi. Sebagian besar siswa yang terakreditasi B memiliki kecerdasan interpersonal dalam kategori tinggi, efikasi diri dalam kategori sangat tinggi, kemampuan berpikir kritis dalam kategori rendah, hasil belajar matematika dalam kategori yang wajar, dan sikap terhadap matematika dalam kategori sangat tinggi, selanjutnya (2) kecerdasan interpersonal memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dan sikap terhadap matematika secara langsung dan tidak langsung melalui efikasi diri siswa baik pada akreditasi A mau pun B, (3) kemampuan berpikir kritis memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dan sikap terhadap matematika secara langsung dan tidak langsung melalui efikasi diri siswa baik pada akreditasi A mau pun B, (4) tidak ada perbedaan pengaruh kecerdasan interpersonal, kemampuan berpikir kritis, dan efikasi diri pada hasil belajar matematika, tetapi ada perbedaan pengaruh kecerdasan interpersonal, kemampuan berpikir kritis, dan efikasi diri pada sikap terhadap matematika siswa antara yang terakreditasi A dan B.

 

Kata Kunci: kecerdasan interpersonal, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar matematika, efikasi diri, sikap terhadap matematika.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 757 times | PDF view : 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Natalia Puspita Wulandari, Muhammad Arif Tiro, Wahidah Sanusi

Abstracted/Indexed by:

 

 

Prosiding Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika (VARIANSI) is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)