Instrumen Penilaian Karya Seni Rupa (Kriya Keramik)

Hasnawati Hasnawati(1*), Yabu M.(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v4i2.4451

Abstract


The purpose of this study is to produce assessment instruments in art learning that can be used as a guidance for assessment by teachers of art and culture in junior high. This type of research is development research. The flow of this research begins with analyzing the needs of teachers on artistic scoring techniques in junior high schools, planning research on the development of art assessment instruments, identifying types of artwork based on content standards, developing indicators of achievement based on basic competencies, determining the types of artworks created by assessment instruments, create a grid of assessment instruments, develop an assessment instrument. Technique of collecting data is done by observation, interview, documentation, and questionnaire. Data analysis was done by qualitative and quantitative descriptive analysis technique. Based on the results of research that has been done, it is known that the assessment instrument developed in this study is a valuation instrument for the work of applied art of local culture is the work of ceramic craft. The steps undertaken in developing assessment instruments are by looking at the curriculum, content standards, developing indicators of achievement, and composing instrument grids and developing assessment instruments.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian dalam pembelajaran seni rupa yang dapat dijadikan sebagai pedoman penilaian oleh guru-guru seni budaya di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Alur penelitian ini dimulai dari menganalisis kebutuhan guru mengenai teknik penilaian seni rupa di SMP, merencanakan penelitian pengembangan instrumen penilaian seni rupa, mengidentifikasi jenis karya seni rupa berdasarkan standar isi, mengembangkan indikator ketercapaian berdasarkan kompetensi dasar, menentukan jenis karya seni rupa yang dibuatkan instrumen penilaian, membuat kisi-kisi instrumen penilaian, mengembangan isntrumen penilaian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian untuk karya seni rupa terapan budaya lokal yaitu karya kriya keramik. Langkah-langkah yang dilakukan dalam mengembangkan instrumen penilaian adalah dengan mencermati kurikulum, standar isi, mengembangkan indikator ketercapaian, dan menyusun kisi-kisi instrumen serta mengembangkan instrumen penilaian.


Keywords


Instrumen penilaian; Kriya Keramik

Full Text:

XML XML

References


Ali, Lukman. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Depdikbud.

Anonim. 2006. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Penerbit Citra Umbara.

Gronlund, N.E. 1982. Constructing Achevement Test (3 th ed). New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Permendiknas. 2007. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: CV Novindo Pustaka Mandiri.

Prasetya Irawan. 2001. Evaluasi Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.

Rahmawati,dkk.-----Penyusunan dan Pengujian Penilaian Kelas: Modul Instruksional untuk Guru Kelas. Pusat Penilaian Pendidikan.

Sobandi, Bandi. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Solo: Maulana Offset.

Sukardjo. 2005. Evaluasi pembelajaran. Diktat Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Program Studi Teknologi Pembelajaran, tidak diterbitkan, PPs-UNY, Yogyakarta.

Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.


Article Metrics

Abstract view : 779 times | XML view : 0 times XML view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2017 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh