URGENSI PERUBAHAN MINDSET GURU IPS KE ARAH KREATIF

Hasni Hasni(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v12i2.10038

Abstract


Guru IPS harus memiliki kreativitas yang tinggi dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah, tidak terlepas dari perannya sebagai motor dan model di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Kreativitas seorang guru IPS yaitu mampu melahirkan sesuatu yang baru, ataupun kombinasi-kombinasi baru baik berupa gagasan maupun tindakan nyata yang relatif berbeda, mencerminkan fleksibilitas, kelancaran, orisinasilitas, serta kemampuan untuk mengelaborasikan suatu gagasan dan produknya yang dapat bersifat baru, logis, elegan, kompleks, dan organis. Oleh karena itu diperlukan perubahan mindset guru termasuk guru IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yang mampu menata pola pikir juga dapat menginstruksikan penentuan ke arah tujuan dan diperlukan sebuah keterbukaan pemikiran yang berorentasi ke masa kini dan jauh ke depan.

Keywords


Perubahan, Mindset, Guru IPS Kreatif

Full Text:

PDF

References


Ardens, Richard. 2008. Belajar untuk Mengajar. Jilid 1 dan Jilid 2. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Besemer, S.P. dan D.J. Treffinger. 1981. Analysis of Creative Product:hi Review and Snythesis Journal of Creative Behavior. 15.158-178.

Costa, Arhur L. Et al. 1985. “Building a Ropertoire of Strategies”. Dalam Costa (Ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. ASCD.

Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.

Munandar, Utami. 1995. Memupuk Keberbakatan Anak. Jakarta: Proyek direktorat Pendidikan Tinggi, Depdikbud.

Naisibit, J. 2006. Mindset. New York: Harcourt, Inc.

Sharp, C. 2004.”Developing Young Children’s Creativity Through the Arts: makalah dipresentasikan di International Seminar , Lodon 14 Februari.

Supardan, Dadang. 2012. Menyongsong Kurikulum 2013: Harapan dan Kecemasan yang Paradoks. Makalah Seminar di universitas Jember di Gedung Soetardjo, 20 Desember 2012. Tidak dipublikasikan.

Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial perspektif Filosofi dan Kurikulum. Bandung: Bumi Aksara.

Supriadi, Dedi. 1994. Kreativitas Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 454 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hasni Hasni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats