PERANAN STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF (SPA) DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA

Imam Suyitno(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v12i2.10035

Abstract


Diantara masalah yang kini dihadapi dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran, ada kecenderungan bahwa mahasiswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya sehingga proses pembelajaran yang berlangsung dalam kelas hanya diarahkan kepada kemampuan mahasiswa untuk menghafal informasi semata. Hingga sekarang masih banyak dijumpai adanya dosen yang kurang bahkan tidak memperhatikan penggunaan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas yang berpusat pada siswa (student centerd learning). Ada banyak sebab mengapa dosen masih terbatas pada penggunaan strategi belajar yang itu-itu juga, diantaranya adalah keterbatasan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki guru, ke kurang kreatifan mengusahakan strategi pembelajaran yang lain, dan lain-lain. Artikel ini mencoba mengupas pentingnya penerapan strategi pembelajaran efektif bagi peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa.

Keywords


Strategi, Pembelajaran, Afektif, Konsentrasi, Hasil

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1991. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad Azhar. 2002. Strategi pembelajaran Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Boeree George. C. Dr. 2008. Metode Pembelajaran & Pengajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Strategi pembelajaran

Danim Sudarman. Dr.Prof. 2008. Strategi pembelajaran Komunikasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Hamalik oemar, 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara

Munadi Yudhi, 2008. Strategi pembelajaran Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru: Jakarta. Gaung Persada

Nursisto. 2002. Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah,Cet I. Jakarta : Insan Cendekia.

Rahadi Aristo. 2003. Pemilihan Dan Pengembangan Strategi pembelajaran Untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Sadiman, Arief S. dkk 1986. Strategi pembelajaran Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya : Jakarta. Pustekom dan CV. Rajawali

Departemen Pendidikan dan Kebudayan RI. 2003.Strategi pembelajaranPembelajaran. Jakarta : Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan dan Kebudayan RI. 2003. Dasar-Dasar Didaktik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. Jakarta : Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan dan Kebudayan RI. 2003. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Balai Pustaka.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen. Bandung : Citra Umbara.


Article Metrics

Abstract view : 767 times | PDF view : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Imam Suyitno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats