Evaluasi Program Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Olahraga Di SMP Negeri 3 Malang Menggunakan Model Cipp
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v2i1.5681
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan program pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Malang dengan menggunakan pendekatan model evaluasi Contexs, Input, Prosess, Product (CIPP). Penentuan keefektifan suatu proses pembelajaran ditinjau dari seberapa besar tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pada awal pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen konteks, input, proses dan produk untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif. Sumber data penelitian adalah Guru Pendidikan Jasmani, wakil bidang kurikulum, serta Kepala Sekolah yang berada di SMP Negeri 3 Malang. Pengumpulan data primer menggunakan instrumen observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Data hasil observasi yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif sedangkan data hasil dokumentasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa keterlaksanaan program pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Malang masuk pada kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. Direktorat Kemenag
Guyadeen, D. & Seasons, M. 2016. Evaluation Theory and Practice: Comparing Program Evaluation and Evaluation in Planning. Journal of Planning Education and Research, 1-13
Kirtpatrick, D.L. & Kirtpatrick, J.D. 2008. Evaluating Training Programs; Third Edition The Four Levels. San Fransisco. Berreth-Koehler Publisher.
Santoso, B. 2010. Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Jakarta. Terangi
Shobirin, M. 2016. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta. Deepublish
Stufflebeam, D.L. & Coryn, C.L. 2014. Evaluation Theory, Models, and Applications. San Fransisco. Jossey Bass
Subandowo & Suryaman. 2015. Kebijakan Pendidikan: Teori dan Praktik. Malang. Wineka Media.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 793 times | PDF view : 271 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
SPORTIVE IS LICENSED BY :
SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SPORTIVE EDITORIAL LOCATION :
Kampus Program Pasca Sarjana UNM, Jalan Bonto Langkasa,Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222
SPORTIVE IS INDEXED BY