Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kota Makassar

Aswar Aswar


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5635

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam sepakbola melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas V B SD Negeri Kapota Yudha Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri Kapota Yudha Kota Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar PJOK dan observasi.  Dari tes siklus I tergambar bahwa dari 36 siswa kelas V B SD Negeri Kapota Yudha Kota Makassar , 16 siswa pada kategori tidak tuntas atau 44,44 %, kemudian pada kategori tuntas sebanyak 20 siswa atau 55,56 % dengan nilai rata-rata 61,81 pada ranah psikomotor dan 63,06 pada ranah kognitif. Sedangkan berdasarkan teks akhir siklus II yang dapat dilihat di lampiaran tergambar bahwa dari 36 siswa kelas V B SD Negeri Kapota Yudha Kota Makassar, 4 siswa pada kategori tidak tuntas atau 11,12 %, kemudian pada kategori tuntas sebanyak 32 siswa atau 88,88% dengan nilai rata-rata 80,21 pada ranah psikomtor dan 83,06 pada ranah kognitif. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 80,21 pada ranah psikomotor dan 83,06 pada ranah kognitif, siswa yang belum mencapai batas ketuntasan hanya 4 siswa atau 11,12% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan tercapai 32 atau 88,88% dengan menggunakan perangkat pembelajaran inkuiri, siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan.

Keywords


Pembelajaran PJOK; Model Pembelajaran Inkuiri; mengirin bola; sepakbola

Full Text:

PDF

References


Al-Hadiqie, Zidane Muhdor. 2013. Menjadi Pemain Sepak Bola Profesional.____: Kata Pena

Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anitah W, Sri dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Haryati, Mimin. 2010. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: GP Press.

Hamalik, Oemar. 2011. Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

http://rolaangga.blogspot.co.id/2013/01/model-pendidikan-jasmani.html

Ihsan, Andi dan Hasmiyati. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Komara, Endang.2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif.Bandung:PT Refika Aditama.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik(Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Luxbacher, Joseph A. 2011. Sepak Bola Edisi Kedua. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mielke, Danny. 2009. Dasar-dasar Sepak Bola. Bandung: Pakar Raya.

Pasau, M. Anwar. 2012. Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Rohim, Abdul. 2008. Bermain Sepak Bola. Semarang: CVAneka Ilmu.

Rosdiani, Dini. 2014. Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

_______ 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana

Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tinakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Wahjoedi. 2001. Landasan Evaluasi Pendidikan Jasmani. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Rosdakarya.

Yudistira, dadang. 2013. Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). Tasik Malaya: Gramedia widiaarana Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF - 232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics
SPORTIVE Today's Visitors