Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kota Makassar

Aswar Aswar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam sepakbola melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas V B SD Negeri Kapota Yudha Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri Kapota Yudha Kota Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar PJOK dan observasi.  Dari tes siklus I tergambar bahwa dari 36 siswa kelas V B SD Negeri Kapota Yudha Kota Makassar , 16 siswa pada kategori tidak tuntas atau 44,44 %, kemudian pada kategori tuntas sebanyak 20 siswa atau 55,56 % dengan nilai rata-rata 61,81 pada ranah psikomotor dan 63,06 pada ranah kognitif. Sedangkan berdasarkan teks akhir siklus II yang dapat dilihat di lampiaran tergambar bahwa dari 36 siswa kelas V B SD Negeri Kapota Yudha Kota Makassar, 4 siswa pada kategori tidak tuntas atau 11,12 %, kemudian pada kategori tuntas sebanyak 32 siswa atau 88,88% dengan nilai rata-rata 80,21 pada ranah psikomtor dan 83,06 pada ranah kognitif. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 80,21 pada ranah psikomotor dan 83,06 pada ranah kognitif, siswa yang belum mencapai batas ketuntasan hanya 4 siswa atau 11,12% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan tercapai 32 atau 88,88% dengan menggunakan perangkat pembelajaran inkuiri, siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan.

Keywords


Pembelajaran PJOK; Model Pembelajaran Inkuiri; mengirin bola; sepakbola

Full Text:

PDF

References


Al-Hadiqie, Zidane Muhdor. 2013. Menjadi Pemain Sepak Bola Profesional.____: Kata Pena

Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anitah W, Sri dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Haryati, Mimin. 2010. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: GP Press.

Hamalik, Oemar. 2011. Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

http://rolaangga.blogspot.co.id/2013/01/model-pendidikan-jasmani.html

Ihsan, Andi dan Hasmiyati. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Komara, Endang.2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif.Bandung:PT Refika Aditama.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik(Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Luxbacher, Joseph A. 2011. Sepak Bola Edisi Kedua. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mielke, Danny. 2009. Dasar-dasar Sepak Bola. Bandung: Pakar Raya.

Pasau, M. Anwar. 2012. Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Rohim, Abdul. 2008. Bermain Sepak Bola. Semarang: CVAneka Ilmu.

Rosdiani, Dini. 2014. Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

_______ 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana

Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tinakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Wahjoedi. 2001. Landasan Evaluasi Pendidikan Jasmani. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Rosdakarya.

Yudistira, dadang. 2013. Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). Tasik Malaya: Gramedia widiaarana Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics
SPORTIVE Today's Visitors