Survey Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di SMP/ MTS Swasta Kabupaten Pangkep

Herman H
Ahmad Riady


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5624

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) status kepemilikan  sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani pada SMP/MTs Swasta Kabupaten Pangkep tahun 2017; (2) Kelengkapan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani pada SMP/MTs Swasta Kabupaten Pangkep; (3) Mengetahui kelayakan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani pada SMP/MTs Swasta Kabupaten Pangkep. Populasi dalam adalah Seluruh SMP/ MTsSwasta se Kabupaten Pangkep tahun 2017 yang berjumlah 31 sekolah. Sampel sebanyak 15 sekolah atau setengah dari jumlah populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis survey dengan mendeskripsikan sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Mengenai sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP/ MTs Swasta Kabupaten Pangkep, terdapat 3 SMP/ MTs Swasta yang masuk dalam kategori kurang dengan perolehan persentase 20,0 %. Terdapat 9 SMP/ MTs Swasta masuk dalam kategori cukup dengan persentase 60,0 %. Dalam kategori baik terdapat 3 SMP/ MTs Swasta dengan persentase sebanyak 20,0 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana pendidikan jasmani berada pada kategori cukup sebesar 60,0%.


Keywords


Sarana: Prasarana; Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Achmad Paturusi. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmanidan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus. S. Suryobroto. 2004. Diktat Saranadan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Anas Sudijono. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Andi Ihsan & Hasmiyati, 2011. Manajemen pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan . Makassar: Badan penerbit Universitas Negeri Makassar

Dispora Kabupaten Pangkep 2017. Daftar Sekolah Swasta Kabupaten Pangkep Tahun 2016- 2017.

Ega Trisna Rahayu. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif: analisis data. Jakarta: Rajawali Pers.

H.J.S. Husdarta. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

https://eprints.uns.ac.id/6849/1/79992107200905041.pdf

http://kebugarandanjasmani.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-sarana-dan-prasarana.html

http://aresearch.upi.edu/operator/upload/s_d045_044614_chapter3.pdf

Masri Singarimbun; Sofian Effendi. 2006. Metode Penelitian Survai. Jakarta Barat: LP3ES Indonesia.

Mia Kusumawati. 2015. Penelitian Pendidikan Penjasorkes. Bandung: Alfabeta.

Moh.Nazir. 1985. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Muhammadiah. 2005. Perencanaan Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Makassar: Badan penerbit Universitas Negeri Makassar.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007.Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Sd/Mi), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (Smp/Mts), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (Sma/Ma).

Rully Indrawandan R. Poppy Yuniawati. 2016. Metodologi Penelitian. Refika Aditama: Bandung

Soekatamsi. 1992. Sarana dan Prasarana Olahraga. Surakarta UNS Press.

Soepartono.2000. Sarana dan Prasarana Olahraga. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Alfabeta, Bandung.

metode penelitian pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005. Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics
SPORTIVE Today's Visitors