Pengaruh Motivasi Belajar Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Pada Siswa Tunarungu Sekolah Luar Biasa

Lita Puspita


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5623

Abstract


Penelitian Ini adalah jenis penelitian Deskriktif Regresi yang bertujuan untuk mengetahui ; (1) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani; (2) Pengaruh Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada; (3)  Pengaruh Motivasi Belajar dan Percaya Diri Secara Bersama-sama Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Populasi adalah seluruh siswa Tunarungu SMA SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang digunakan adalah seluruh siswa Tunarungu SMA SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel. dengan jumlah sampel sebanyak 17 Siswa. Teknik penentuan sampel adalah porposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, Uji Normalitas data, uji linearitas data, Analisis  regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) Ada pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Tunarungu SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel sebesar 69,2 %; (2) Ada pengaruh Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Tunarungu SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-sel. Kemampuan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Tunarungu SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-Sel sebesar 68,4 %; (3) Ada pengaruh Motivasi Belajar dan Percaya Diri Secara Bersama-sama Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Tunarungu SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sul-sel sebesar 80,3 %.

Keywords


Motivasi Belajar, Percaya Diri dan Hasil Belajar Pendidikan Jasman

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. 2013. Psikologi belajar. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Achmad Pturusi. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Apta Mylsidayu. 2015. Psikologi Olahraga. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Arma Abdoellah. Pendidikan Jasmani Adaktif. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik. Jakarta.

Bandi Delphie. 2012. Pembelajaran Anak Tunagrahita. PT. Rafika Aditama. Bandung.

Geniofam. 2010. Mengasuh Mensukseskan dan Anak Berkebutuhan Khusus. Garailmu. Jogjakarta.

Hamzah B. Uno. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT Remaja Rosda Karya. Bandung.

Husdarta. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Alfabeta. Bandung

Komaruddin. 2013. Psikologi Olahraga. PT Remaja Rosda Karya, Bandung.

Purwa Atmaja Prawira. 2016. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.

Sri Widati dan Murtadlo. 2007. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaktif. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.


Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics
SPORTIVE Today's Visitors