Analisis Antropometrik Dan Kondisi Fisik Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa SMA

Hendra Hendra


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/sportive.v1i1.5244

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiKontribusi Antropometrik, Kondisi fisik dan Hubungan kontribusi Antropometrik dan Kondisi fisikterhadap keterampilan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada siswa SMA Negeri 1 Lappariaja Kab. Bone. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian adalah 50 siswa yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik “random sampiling”. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi dengan menggunakan sistem SPSS Versi 20.00 pada taraf signifikan 95% atau a0,05.Hasil analisis data menunjukkan bahwa Antropometrik dan Kondisi fisik memiliki kontribusi yang signifikan dengan keterampilan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada siswa SMA Negeri 1 Lappariaja Kab. Bone.  Antropometrik memiliki kontribusi sebesar 38,8%, Kondisi fisik memiliki kontribusi 39,2%, sedangkan Antropometrik dan Kondisi fisik memiliki kontribusi 47,1%.


Keywords


Antropometrik; Kondisi Fisik; Keterampilan menggiring bola

Full Text:

PDF

References


Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: Depdikbud P2LPTK.

Noer, A. Hamidsyah. 2002. Kepelatihan Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pradana, Akhmad Aji. 2013. Kontribusi Tinggi Badan, dan Panjang Tungkai terhadap Kecepatan Lari cepat (sprint) 100 Meter Putra. Jurnal Kesehatan Olahraga, 1 (1) , 1-5.

Purwanto, Sugeng. 2013. Hubungan Antara Kecepatan dan Kelincahan dengan Kemampuan Menggiring Bola dalam dala Pemainan Sepakbola. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan,2 (2), 3.

Rudyanto. 2012. Hubungan Berat Badan Tinggi Badan dan Panjang Tungkai Dengan Kelincahan. Jurnal of sport sciences and Fitness, (2), 2252-6528.

Sajoto, Much. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud dirjen Dikti.


Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SPORTIVE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics
SPORTIVE Today's Visitors